Bulan Juni Pilakdes serentak Digelar

Bangkalan, MaduraNewsmedia.com- Pemkab Bangkalan rencananya bakal menggelar Pelaksanaan Pemilihan kepala desa (pilkades) pada hari Senin 15 Juni 2014. Untuk pelaksanaan pilkades serentak ini pemkab telah menyediakan anggaran sebesar Rp 6,2 Milyar. “Pelaksanaan pilkades serentak ini nanti akan digelar Hari senin tanggal 15 juni,” terang Kepala Bappemas dan Pemdes, Ismet Effendi, Rabu (29/04/2015).

Dijelaskan dia, untuk tahap awal pelaksanaan pilkades serentak itu, nantinya akan dilakukan pilkades pada 113 desa di 18 kecamatan. “Dari 113 desa yang sudah melaksanakan tahapan dan siap digelar pilkades sampai saat ini ada 14 desa, sementara sisanya masih dalam proses pembentukan panitia dan tahapan pilkades lainnya,” jelas Ismet.

Lebih lanjut Ismet Effendi menjelaskan, ke-14 desa yang sudah melaksanakan tahapan, dan siap digelar pilkades itu antara lain; desa Arok, Alas Kembang, Kapor, Kecamatan Burneh, desa Kolla dan Patenteng kecamatan Modung, Desa Larangan Glintong,  Bulung, Ra,as, dan desa Mrandung kecamatan Klampis, desa Buddan, Pangeleyan, dan Desa Basanah kecamatan Tanah Merah, desa Katol Timur dan Mano,an kecamatan Kokop.

Dalam pelaksanaan pilkades serentak nanti, masing-masin desa akan memperoleh bantuan dana Pilkades dari APBD bangkalan yang nominalnya tergantung kepada jumlah di daftar Pemilih tetap (DPT) Masing-masing. “Nominalnya tidak sama, sesuai DPT masing-masing desa, kisarannya antara Rp 40 juta hingga Rp 110 juta/desa, semua sudah tertera dalam Daftar Perincian anggaran (DPA),”

Dikatakan Ismet, sisanya 119 desa yang tidak terkafer dalam pilkades serentak tahap pertama akan dilanjutkan dengan plkades seretak tahap kedua. “Sisanya masih ada 119 desa, kalau dalam PAK dianggarkan, maka pilkades seretak tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Oktober,” pungkasnya. (hib/shb)

 

iklan 100x100