Pemkab Bangkalan Amankan Lahan Pertanian Dengan Perda

lahan Pertanian yang semakin terdesak dengan bangunan
lahan Pertanian yang semakin habis dengan adanya pembangunan

Bangkalan,Maduranewsmedia.com– Untuk mengamankan lahan pertanian di kabupaten Bangkalan yang terus menyusut, Pemkab Bangkalan mengamankan lahan tersebut dengan membuat perda. Penyusutan lahan pertanian itu disebabkan adanya pembangunan seperti pembangunan real estet, pasar dan pembangunan lainnya.  “Saat ini luas lahan pertanian kita tinggal 29 ribu hektar lebih, tepatnya 29.245 hektar,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten bangkalan, Abd Razak melalui Kabid Produksi tanaman Pangan dan Holtikultura, Geger Hery Susianto, Rabu (27/05/2015).

Dijelaskan dia, untuk mengantisipasi menyusut lahan pertanian tersebut, saat ini pemkab Bangkalan telah melindungi lahan pertanian tersebut dengan peraturan daerah (Perda). “Sekarang perda untuk mengamankan lahan Pertanian ini sudah ada, insya Allah dengan perda ini lahan Pertanian kita aman. Luas 29.245 itu setelah diperdakan, tapi saya lupa nomer Perdanya, yang jelas dengan Perda ini lahan pertanian aman,” jelas Geger panggilan akrabnya Geger Hery Susianto.

Lebih lanjut Geger menjelaskan, meskipun luas pertanian sebelum Perda pengamanan lahan Pertanian keluar terus berkurang, namun hal tersebut tidak menganggu kepada produksi padi di kabupaten Bangkalan.  “Alhamdulilah produksi padi kita tahun kemarin surplus, dan untuk tahun ini insya Allah juga demikian,” pungkasnya. (hib/shb)