HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

​Puluhan Wartawan  Peserta Lokakarya SKK Migas  Kunjungi Taman Pendidikan Mangrove di Bangkalan

Para wartawan saat melintas di track mangrove

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Sebanyak 42 wartawan media cetak, televisi, online, dan radio se Jawa Timur mendapatkan kesempatan melihat dari dekat pesona Taman Pendidikan Mangrove dalam acara Lokakarya Media bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama Jawa Bali dan Nusa Tenggara (KKKS Jabanusa) Periode III, Selasa (20/9/2016).

Pendamping taman mangrove, Muslimin (38) menggungkapkan, pesona taman mangrove seluas 17 hektare itu telah menyeruak di telinga masyarakat Bangkalan hingga luar Madura. Namun hingga kini, belum terbuka untuk pengunjung umum karena masih ada sejumlah penambahan fasilitas. 

“Seperti pendirian tower setinggi 10 meter untuk pemantau burung-burung migran,” ungkap mantan TKI Malaysia yang kini memilih bergabung bersama Kelompok Tani (Poktan) Cemara Sejahtera, poktan binaan Pertamina Hulu Energy West Madura Offshore (PHE WMO) itu.  

Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya hanya bisa melayani kunjungan mahasiswa untuk kepentingan kegiatan penelitian atau pun penanaman mangrove.  

“Minggu depan ada 170 mahasiswa dari Surabaya yang mau berkunjung. Untuk masyarakat umum, belum bisa karena secara keseluruhan belum siap,” pungkasnya

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa Ali Mahsyar mengemukakan, kunjungan bersama para insan pers tersebut sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat bahwa mangrove sangat bermanfaat bagi warga di wilayah pesisir. 

“Diharapkan bisa dijadikan contah masyarakat pesisir lainnya agar menjaga dan melestarikan mangrove. Karena mampu menjaga garis pantai dari proses erosi atau abrasi, menjadi kawasan penyangga proses intrusi air laut ke darat, dan sebagai filter air asin menjadi tawar,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, para wartawan juga melakukan penanaman 50 bibit mangrove di area adopsi mangrove. Area tersebut hanya berjarak 50 meter dari lokasi tower. (hib/shb)