10 Lembaga Pendidikan SMP Di Bangkalan Belum Bisa Laksanakan UNBK Tahun Ini

 

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto

Bangkalan, maduranewsmedia.com– dari 218 Sekolah SMP Negeri dan Swasta di kabupaten Bangkalan, sebanyak 10 SMP swasta belum bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2018 ini. “Sampai saat ini Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan masih melakukan pendataan, ada sekitar 10 SMP swasta belum bisa melaksanakan UNBK,” kata Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto, Sabtu (27/1/2018).

Dikatakan Risman, ke-10 SMP swasta tersebut belum bisa melaksnakan UNBK karena masih kurang persyratannya. “Persyaratan Sekolah yang bisa melaksnakan UNBK harus menyiapkan komputer minimal 1/3 dari jumlah peserta dan server,” jelasnya.

Dijelaskan dia, jumlah 10 SMP swasta yang tidak bisa melaksanakan UNBK itu belum final, karena Disdik bangkalan belum selesai didalam melakukan pendataan terhadap sekolah yang siap UNBK. “Dinas masih mengumpulkan data dulu, sekolah yang siap dan sekolah yang belum siap, kemungkinan akhir bulan ini sudah bisa diketahui datanya sekolah yang siap UNBK dan yang  tidak siap,” terangnya.

Sebab kata Risman Iriyanto, dalam pelaksanaan UNBK ini ada pola mandiri dan pola menumpang atau bergabung dengan sekolah yang sudah mempunyai sarana dan prasana seperti komputer dan server. “Jadi untuk bisa UNBK ini sekolah bisa menumpang ke sekolah yang sudah mempunyai peralatan,” katanya.

Ditambahkan Risman, sebelum pelaksanaan UNBK, Dinas pendidikan kabupaten Bangkalan akan menggelar simulasi bagi sekolah yang akan menggelar UNBK. “Pelaksanaan UNBKitu kan tanggal 23 April hingga 26 April menjelang pelaksanaan UNBK itu akan ada simulasi,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100