18.740 Siswa SD Siap Ikuti Ujian USBN

mobil box berisi soal-soal USBN saat akan didistribusikan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan telah siap melaksanakan Ujian Sekolah berstandart Nasional (USBN). Sebanyak 18.740 siswa SDN, SD Swasta, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) dan Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) siap mengikuti USBN. “Pelaksanaan USBN ini hari Kamis tanggal 3 Mei hingga nanti Sabtu tanggal 5 Mei, dan soal-soal USBN sudah didistribusikan,” kata Kabid SD Disdik Bangkalan, Moh Fauzi melalui Kasi Kurikulum SD, Moh Mahrus, Senin (31/4/2018).

Dikatakan dia, soal-soal USBN itu di distrubusikan langsung ke kantor Polsek. “Agar supaya Soal USBN itu aman, maka soal-soal itu langsung di distribusikan ke  kantor polsek masing-masing kecamatan, dan nanti pada pelaksanaan USBN, Panitia kabupaten yang ditempatkan di kecamatan yang mengambil soal USBN ke kantor polsek,” jelas Mahrus.

Dijelaskan Mahrus, soal-soal USBN yang di distribusikan ke kantor polsek itu adalah soal ujian Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan soal ujian Ilmu Pengerahuan Alam (IPA).  “Untuk komposisi kisi-kisi soal USBN itu, 20 persen dari pusat dan sisanya sebanyak 80 persen dari tim Kelompok Kerja Guru (KKG),” terangnya.

Jadi kata Mahrus dengan adanya komposisi 20 persen dari pemerintah pusat dan 80 persen dari tim KKG, maka soal USBN antara kabupaten yang satu dengan yang lainnya tidak sama. “Soal USBN kabupaten Bangkalan dengan soal USBN SD di Surabaya ngak sama, begktu juga dengan kabupaten yang lain,” tuturnya.

Ditambahkan Mahrus, untuk jumlah sekolah yang mengikuti USBN pada tahun mata pelajaran 2017/2018 SDN 649 sekolah, SD swasta 43 lembaga, MIN 2 sekolah dan MIS 142 lembaga. “Jadi total sekolah yang menikjuti USBN 836 sekolah dengan peserta SDN 15.684 siswa ditambah siswa SD swasta dan MIN serta MIS, jadi total peserta USBN keseluruhannya 18.740 siswa,” katanya.

Dalam USBN ini kata Mahrus ada  USBN susulan yang akan di laksanakan pada tanggal 7 Mei hingga tanggal 9 Mei. “Ya semoga peserta USBN ini masuk semua dan .lulus semuanya, karena sebelum USBN, sekolah sudah melakukan  try out,  minimal mereka melaksanakan try out 2 hingga 3 kali,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100