40 Hari Jelang Hari Raya Kurban, Pedagang Sapi Dari Surabaya Mulai Serbu Pasar Hewan Di Bangkalan

pedagang sapi saat menjual dagangannya

Bangkalan,maduranewsmedia.com– 40 hari menjelang hari raya Idul Adha atau hari raya kurban, para pedagang sapi dari Surabaya mulai menyerbu pasar hewan di kabupaten Bangkalan. Para pedagang hewan kurban dari Surabaya ini mulai membeli sapi jauh hari sebelum hari raya kurban agar harganya lebih murah. “Truk-truk milik pedagang dari Surabaya sudah mulai banyak untuk membeli sapi,” kata Niran (55) pedagang sapi asal Desa Benangkah kecamatan Burneh, Ahad (21/06/2020).

Banyaknya pra pedagang sapi dari Surabaya itu membawa keuntungan tersendiri bagi pedagang sapi lokal. Pasalnya setelah banyak pedagang dari Surabaya sapi dagangannya laku terjual. “Alhamdulilah pak sudah mulai laku dagangan saya, ketimbang minggu-minggu sebelumnya,” jelas Niran.

Dijelaskan dia, 40 hari menjelang hari raya kurban ini, banyak harga sapi mulai mengalami kenaikan antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. “Dagangan sapi saya seharga Rp 12 juta bisa laku  Rp 13 juta hingga Rp 13,5 juta, harga sapi segitu sudah bisa untuk dijadikan kurban,” terangnya.

Ditambahkan Niran, masyrakat mulai membeli sapi untuk persiapan hewan kurban jauh hari dengan pertimbangan agar supaya harganya lebih murah. “Mereka membeli sapi sekarang agar harganya lebih murah, lebih lebih pedagang sapi dari Surabaya itu, ya agar untungnya lebih banyak,” terangnya  

Sementara itu kepala pasar hewan Langkap, Agus SE mengatakan, 40 hari menjelang hari raya kurban ini, dirinya belum melihat pedagang-pedagang besar yang membeli sapi di pasar hewan Langkap. “Saya melihat belum begitu banyak pak,” tutur Agus.

Dikatakan dia, belum banyaknya para pedagang besar yang mencari sapi ke pasar hewan itu disebakan karena pra pedagang itu langsung datang ke peternak di kampung-kampung. “Para pedagang lebih banyak yang mencari sapi langsung ke desa atau ke kampung-kampung, jadi pedagang besar yang mencari ke pasar hewan jumlahnya berkurang,” pungkasnya. (hib/shb)