6.846 KK di Bangkalan Tak Memiliki Jamban Rumah Tangga

bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat melakukan peletakan batu pertama
bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat melakukan peletakan batu pertama

Bangkalan,Maduranewsmedia.com-Sebanyak 6.846 Kepala Keluarga (KK) di kabupaten Bangkalan tidak memiliki Jamban rumah tangga. Selama ini masyarakat yang belum memiliki Jamban ini jika membuang air besar di sungai, di areal persawahan dan di  areal pekarangan rumahnya. “Data dari Babinsa ini tidak akurat, kalau didata lebih akurat lagi mungkin jumlahnya lebih dari angka itu (6.846),” kata    komandan Kodim 0829 Bangkalan, Letkol Inf. Sunardi Istanto saat melakukan Pencanangan pembangunan jamban rumah tangga program pemerintah yang bekerjasama dengan TNI AD di desa Gili Anyar kecamatan Kamal kabupaten Bangkalan, Selasa (04/08/2015).

Dijelaskan Sunardi Istanto,  pelaksanaan pencanangan pembangunan jamban keluarga ini merupakan tindak lanjut dari Telegram  Kasad, ke Danrem Dan kodim di seluruh Indonesia untuk mensukseskan program Pemerintah sejuta jamban  se- Indonesia. “Dalam pelaksanannya dilapangan saat ini  ada beberapa Koramil  sudah melaksanakan pembangunan jamban sebanyak 302 unit,” jelasnya.

Dandim 0829 Bangkalan ini mengharapkan agar pemerintah kabupaten Bangkalan ikut andil dalam mensukseskan program pemerintah ini. “Kami harap  pemda turut andil mensukseskan program sejuta jamban ini, melalui Danramil turut andil bersama camat dan masyarakat ikut membangun jamban, karena dalam program pembangunan jamban ini  tidak hanya membangun  dalam bentuk fisik saja tapi dalam pembuatan jamban ini akan tercipta suatu gotong royong yang semakin luntur di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad, menyampaikan selamat atas terselenggaranya pencanangan pembangunan  sejuta jamban. “Program  ini semoga bermanfaat bagi masyarakat. Ini bentuk perhatian TNI AD dan Pemerintah. Dengan program ini  warga tidak lagi  buang air besar  di sungai  dan di sawah, nilainya kecil tapi manfaatnya besar sekali, nanti kami akan  anggarkan melalui APBD,” kata Ra Momon sapaaan akrabnya Bupati Bangkalan.

Sedangkan Kordinator program pembangunan satu juta jamban, Kapten Inf. Nur Hamzah menjelaskan, jumlah rumah tangga yang belum memiliki sebanyak 6.846 KK untuk tahap awal akan dibangun 302 unit jamban. “Setiap 1 unit Jamban dianggarkan Rp 250 ribu, total untuk 302 unit jamban anggarannya sebesar Rp 80 juta,” pungkas Nur Hamzah. (hib/shb)