HEADLINEHUKUM & KRIMINALKESEHATANPERISTIWATERKINI

Agar Masyarakat Tidak Kendor Terapkan Prokes Polres Bangkalan Terus Lakukan Operasi Yustisi

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Kondisi Covid-19 di kabupaten Bangkalan sudah mulai landai dan aktivitas masyarakat sudah mulai berjalan, namun untuk mengantisipasi gelombang serangan virus corona (Covid-19) tim gabungan polres Bangkalan yang terdiri dari Anggota Shabara, Kodim 0829/Bangkalan dan anggota Satpol PP terus melakukan operasi Yustisi prokes. bahkan operasi yustisi ini dilakukan sehari 2 kali, hal itu dilakukan agar masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).   

Dalam operasi Yustisi yang digelar di jalan kembar Soekarno-Hatta, tim gabungan masih menemukan masyarakat pengendara yang tidak memakai masker.  pengendara tersebut langsung diberhentikan. setelah diberi masker dan diberi himbauan, tim gabungan mempersilahkan pengedara itu untuk melanjutkan perjalanan.

Perwira pengendali (Padal)  operasi Yustisi Prokes, ipda, Rahmat Sujono mengakui jika  dalam operasi Yustisi prokes tersebut, masih ditemukan masyarakat pengedara yang tidak memakai masker. “Memang masih ditemukan pengendara yang tidak pakai masker tapi jarang sekali, karena kami lihat  99 persen masyarakat pengendara dijalan sudah pakai masker,” kata Rahmat Sujono disela-sela kegoatan opersai Yustisi, Sabtu (23/10/2021)  

Para pengendara yang terjadi dalam operasi Yustisi itu tidak diberi sangsi baik teguran ataupun sanksi sosial dan sangksi lainnya. “Mereka memang tidak diberi sanksi, kami hanya memberikan himbauan dan mereka kita beri masker,” jelas Rahmat sapaan akrabnya Perwira Pengendali Operasi Yustisi itu.

Sebenarnya kata Rahmat, masyarakat sudah mempunyai masker semua, akan tetapi karena terburu-buru merekaa lupa bawa masker. “Sebenarnya mereka sudah banyak  yang  mempunyai masker akan tetapi lupa membawa-nya  karena terburu-buru,” katanya.

Samsul salah seorang pengedara yang terjaring dalam operasi Yustisi masker itu meminta maaf kepada petugas karena tidak pakai masker. “Maaf pak, saya lupa pakai masker, sebenarnya masker  ada, saya simpan di bawah jok motor, karena terburu buru lupa memakainya,” terang Samsul.

Dikatakan Samsul, setiap keluar rumah dirinya selalu memakai masker, dan memakai masker sudah menjadi kebiasannya pada saat beraktivitas di luar rumah di masa pandemi Covid-19. “Aduh ini lagi apes saya pak, padahal masker ini selalu saya bawa, karena saya takut terpapar virus Covid-19,” pungkasnya. (min/shb)