HEADLINEPERISTIWATERKINI

Akibat Terendam Banjir, Ratusan Hektar Tanaman Padi di 6 kecamatan Terancam Puso

tanamn padi yang terendam banjir
tanamn padi yang terendam banjir

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com–  Hujan yang menguyur kabupaten Bangkalan selama tiga hari berturut-turut selain menyebabkan banjir di 5 kecamatan, akibat hujan tersebut, ratusan hektar sawah di 6 kecamatan terendam banjir dan  tanaman padinya terancam puso. “tanamn padi yang terendam banjir itu rata-rata berumur 7 hingga 20 hari, kalau terendam sampai 1 minggu bisa puso,” kata Kabid Produksi Tanaman Pangan holtikultura, Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Bangkalan, Geger Hery Susianto, Rabu (01/06/2016).

Dijelaskan dia, ratusan Hektar sawah yang terendam banjir itu antara lain; di kecamatan  Arosbaya 10 hektar, kecamatan Socah 300 hektar, kecamatan Kamal 16 Hektar, kecamatan sepulu 10 hektar, kecamatan Burneh 10 hektar dan kecamatan Blega 10 hektar. “sampai saat ini kami terus prok aktif melakukan pemantauan terhadap sawah-sawah yang terendam banjir itu,” jelas Geger panngilan akarbnya.

Dikatakan Geger, sebenarnya, pihakny asudah memprediksi bahwa pada bulan maret sudah memasuki musim kemarau, namun pada kenyataanya sampai saat ini hujan masih terus berlanjut. “Sebenarnya dalam prediksi kami hujan sudah mulai berkurang, tapi kenyataanya masih terus berlanjut,  makanya kami tidak bisa memberikan rekomendasi kepada petani bahwa inilah musim kemaraunya,” pungkas Geger. (hib;/shb)