HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWATERKINI

Amankan Arus Mudik, Polres Bangkalan Siapkan Tim Penembak Jitu Di Daerah Rawan Begal

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa;ludin Tmabunan saat mengecek pasukan

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk mengamankan pelaksanaan arus Mudik lebaran Idul Fitrih tahun 2019, Polres Bangkalan menyiapkan tim Sniper atau penembak jitu yang akan ditempatkan di daerah-daerah rawan begal. “Nanti kita akan tempatkan tim operasional Reskrim di lapangan khususnya di daerah-daerah yang kita petakan rawan terjadinya begal,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan usai memimpin Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019 di halaman Mapolres Bangkalan, Selasa (28/5/2019).

Dikatakan dia, selain menempatkan personel reskrim, untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik nanti,polres bangkalan juga membentuk tim Bangkalan lancar dan Aman (Bancaran) yang beranggotakan personel Samapta, Personel Lantas dan personel Reskrim. “Jadi dibentuknya tim Bancar ini tujuannya untuk menjamin arus lalu lintas lancar dan menjamin keamanan selama pelaksanaan arus mudik hingga arus balik, termasuk mengamankan rumah masyarakat bangkalan yang ditinggal mudik,” jelas Boby panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, Polres Bangkalan telah memetakan daerah yang rawan, kecelakaan. rawan macet dan juga rawan kriminal. “Untuk daerah rawan kecelakaan dijalan di akses suramadu, jalan raya Tanah Merah dan Burneh, untuk daerah rawan kriminilitas, ya di jalan akses Suramadu hingga ke kawasan UTM , sementara untuk daerah rawan kemacetan yaitu di Blega Galis dan Tanah Merah,” terangnya..

Untuk mengamankan pelaksanaan arus mudik ini kata Boby, pihaknya menerjukan 197 pesonel Polri dibantu dengan personel TNI> “Selain TNI juga ada elemen kepemudaan yang akan membantu  dalam pelaksanaan rus mudik, ada  Banser,  Pramuka, Dinkes Satpol PP  dan Dishub,”  tuturnya.

Ditmabhkan Boby, untk melancarkan pelaksanaan arus mudik, polres menyediakan 1 pos pelayanan terpadu yang ditempatkan dijalan akses Suramadu, 5  pos pengamanan, dan 5 pos pantau. “Dengan persiapan yang telah kita lakukan ini untuk melancarkan masyarakat agar bisa merayakan mudik lebaran dengan aman, nyaman dan lancar, kita berharap  laka lantas menurun dan  tidak terjadi tindakan kriminal,” katanya

Oleh sebab itu kata Boby, untuk melihat kesiapan pelaksanaan arus mudik lebaran, maka digelarlah apel pasukan ini . “Ini untuk mengecek kesiapan kita dalam rangka pengamanan operasi ketupat semeru 2019, dari gelar pasukan ini kita bisa melihat kesiapan, baik kesiapan personel maupun sarana dan prasana yang akan kita gunakan dalam pengamanan nanti, hasil pengecekan kita siap 100 persen, kita all out untuk  mengamankan masyarakat yang akan merayakan lebaran di kampung halaman masing masing,” pungkasnya.(hib/shb)