HEADLINEHUKUM & KRIMINALPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Anggota Komisi V DPR RI, H Syafiuddin Asmoro : 4 Pilar Kebangsaan Ibarat Kendaraan

sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Ponpes Al Anwar Modung

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Anggota Komisi V DPR RI, H Syafiuddin Asmoro menyatakan, 4 pilar kebangsaan (Pancasila Undang undang Dasar 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  dan Bhineka Tunggal Ika) ibarat kendaraan. “4 pilar Kebangsaan ini ibarat sebuah kendaraan  yang memiliki sistem 4 roda, yang harus seiring sejalan untuk mengantarkan seluruh penumpang pada tujuan yang telah ditetapkan,” kata H Syafiuddin Asmoro dalam acara Sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Pondok Pesantren Al Anwar desa Patereman kecamatan Modung kabupaten bangkalan, Senin (25/11/2019)

Dikatakan dia, sistem 4 roda itu jangan sampai dikurangi atau ditambah, karena kalau ditambah akan menganggu dan mengancam keselamatannya. “Misalnya saja kalau ditambah paham paham khilafah, radikalisme dan terorisme demikian juga kalau dikurangi,” jelas Syafi panggilan akrabnya politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Dijelaskan Syafi, selain ibarat sebuah kendaraan, 4 pilar kebangsaan ini  merupakan soko guru atau tiang penyangga yang kokoh, yang membuat seluruh rakyat indonesia merasa aman, nyaman, tentram, tertib, adil dan sejahtera. “Kalau kita selalu berpedoman kepada 4 pilar kebangsaan  maka bangsa ini bisa terhindar dari berbagai jenis gangguan ancaman dan bencana,” terangnya.

Sebab kata dia, 4 pilar kebangsaan yang ada ini terlahir dari sejarah peradaban bangsa Indonesia, sudah terbukti  dan teruji eksistensinya. “4 Pilar kebangsaan ini adalah Pancasila Undang undang Dasar 45, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  dan Bhineka Tunggal Ika, semuanya sudah teruji,” tuturnya..

Ditambahkan Syafi, Implementasi 4 pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari hari dapat dimulai dari hal yang sederhana salah satunya adalah peka terhadap lingkungan yang ada disekitar. “misalnya kita harus tolong menolong jika ada warga negara lainnya yang kesulitan, toleransi akan keberagaman, menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Yang pada intinya adalah mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada 4 pilar  kebangsaan,” katanya.

anggota Komisi V DPR Ri, H Syafiuddin Asmoro  mengharapkan, kegiatan sosialisasi 4 pilar MPR RI ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bangsa terhadap pancasila, UUD 45 NKRI Bhineka tunggal ika serta menumbuhkan kesadaran bersama untuk menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari. “Ayo jadilah yang muda yang berilmu, unggul dan berkualitas untuk kemajuan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (hib/shb)