Angin Kencang Terjang Kecamatan Kota Bangkalan, Satu Orang Luka Berat

TRC BPBD dan Personel Polres dan Kodim saat mengevakuasi pohon yang tumbang

Bangkalan.maduranewsmedia.com- Hujan deras yang disertai angin kencang kembali menerjang wilayah kecamatan kota, kabupaten Bangkalan. Akibat terjangan angin kencang itu, banyak pohon roboh, dan 1 orang mengalami luka berat karena tertimpa material bangunan. Peristiwa angin kencang itu terjadi Rabu (11/12/2019). pukul 13.00 wib.

Rohmah (32) salah satu pedagang kaki lima yang biasa mangkal di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) menceritakan, angin kencang itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, sebelum angin kencang, langit mendung kelam kemudian hujan turun disertai angin kencang. “Ada satu pohon tumbang dan menimpa kabel listrik di depan Stadion Bangkalan,” jelas Rohmah

Dikatakan dia, selain menumbangkan pohon, banyak barang dagangannya PKL disapu angin kencang. “Tadi banyak juga barang saya yang terbang termasuk gerobak saya. Untungnya gerobak saya tidak tertimpa pohon,” jelasnya

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten bangkalan, Rizal Morris menjelaskan, dirinya menerima laporkan Kejadian  Bencana Angin Kencang di Kecamatan Bangkalan pada Pukul 13.20 Wib. “Setelah menerima laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bangkalan langsung melakukan Assesment di Lokasi Bencana, melakukan pemotongan pohon tumbang serta evakuasi pohon yang menghalangi jalan,” jelas Rizal panggilan akrabnya Kepala BPBD bangkalan ini.

Dijelaskan dia,  Kronologis :bencana  Angin kencang dan hujan deras selama 30 menit sejak pukul 13.20 WIB, daerah yang terdampak bencana yaitu kecamatan Bangkalan. “Ada korban Jiwa  1 orang Luka Berat  yaitu  Yummah (25) warga kelurahan Mlajah, korban sudah dibawa ke RSUD Syamrabu Bangkalan oleh anggota PMI,” terang Rizal.

Ditmabhkan Rizal, Kerusakan akibat bencana angin kencang itu antara lian;  Pohon Tumbang    di  Kecamatan kota Bangkalan yaitu di Jalan. RE. Martadinata, Jalan. KH. Moh. Toha, Jalan KH. Moh. Kholil,Jalan  Moh. Yasin, Jalan Sidingkap, Jalan. Teuku Umar, Jalan. Soekarno Hatta  Jalan. Letnan Abdullah, Jalan. Halim Perdana Kusuma (depan Khayangan), di Kelurahan Tunjung.kecamatan Burneh dan di Kelurahan Bancaran Kecamatan kota Bangkalan

Selain pohon tumbang kata Rizal, akibat angin kencang itu . 1 Unit Toko Rusak Ringan di Jalan. Soekarno Hatta,. 6 Unit Rumah di Perum Griya Utama Rusak Ringan, 1 Bangunan Kantor Kelurahan Demangan Rusak Sedang (Atap Jebol), Kendaraan dan lainnya. “Di Kecamatan kota Bangkalan di jalan  Sidingkap ada  Kendaraan Tossa pengangkut Air mineral tertimpa pohon sementara di Jalan. Soekarno Hatta  Toko yang ada di samping Polres Bangkalan rusak,” katanya.

Upaya yang telah dilakukan BPBD lanjut Rizal,  menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten  Bangkalan melakukan Assesment di Lokasi Bencana, melakukan pemotongan pohon tumbang serta evakuasi pohon yang menghalangi jalan. “Untuk personil yang Terlibat, . Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Bangkalan,. Agen Kebencanaan BPBD Provinsi Jawa Timur, Anggota KODIM 0829/bangkalan, Anggota POLRES Bangkalan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan,  Damkar Satpol PP,. Anggota PMI Bangkalan, TAGANA Dinas Sosial Bangkalan,. Personil PT. TELKOM,Personil PLN,  MUSPIKA Kecamatan Bangkalan dan 12. Orang Santri Ponpes Sebaneh,” pungkasnya. (ver/shb).