Angin Puting Beliung Terjang Dua Kelurahan Di Kecamatan Kota Bangkalan, Sejumlah Rumah Rusak Dan Pohon Tumbang

TRC BPBD kabupaten Bangkalan saat mengevakuasi pohon yang tumbang

Bangkalan,maduranewsmedia.com–  Hujan deras yang disertai angin puting beliung yang terjadi di Kelurahan Pajagan dan Kelurahan Bancaran  kecamatan kota mengakibatkan sejumlah rumah warga dan pohon tumbang.” Kronologisnya  angin puting beliung yang disertai dengan hujan dengan  intensitas lebat itu terjadi pada pukul 13.00 Wib, tidak ada korban jiwa dalamkejadian ini,” kata Kepala Pelaksana Badan penanggulangan bencana daerah BPBD)   Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris, Ap, Msi, Selasa (05/05/2020)

Namun kata Rizal Morris, ada beberapa rumah warga terdampak mengalami kerusakan baik Berat, Sedang maupun ringan serta beberapa batang pohon tumbang  yang salah satunya menimpa 2 Unit sepeda motor yang sedang  parkir. “Rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung itu sudah kami data,” jelas Rizal sapaan akarabnya Kepala Pelaksana BPBD Bangkalan ini.

Dijelaskan Rizal, rumah yang rusak  di kampung. Pojug Kelurahan Bancaran  1 Unit Rumah Rusak Sedang, 17 Unit Rumah Rusak Ringan,  1 Unit Rumah Rusak Berat. Sedangkan  di kampung  Paci’an Kelurahan Pejagan :1 Unit Rumah Rusak Ringan, 1 Unit Pagar Rumah Roboh. Sementara di kampung Panyagaran Kelurahan Bancaran ada   22 Unit Rumah Rusak Ringan, 1 Unit Rumah Rusak Berat. Kerusakan rumah liannya terjadi di kampung Barat Tambak Kelurahan  Pejagan ada  1 Unit Dapur Rusak Berat,  4 Unit Rumah Rusak Sedang,  3 Unit Rumah Rusak Ringan. Selain rumah rusak,  ada 4 Batang Pohon Tumbang di Jl. Panglima Sudirman Lebak, kelurahan Pejagan.

Upaya yang dilakukan BPBD bangkalan kata Rizal, menerjunkan  Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten  Bangkalan, Agen Bencana BPBD Prov. Jatim, Komandan dan Personil Koramil Bangkalan, personil Polres Bangkalan, DLH Kabupaten Bangkalan, Tagana, Damkar Bangkalan, dan warga. “Masayarakat melakukan Assesment dan Evakuasi pohon tumbang di lokasi kejadian : Evakuasi Pohon Tumbang selesai pada pukul 09.15 Wib dan  lalu lintas kembali normal. Kami  menghimbau kepada warga masyarakat tetap waspada dalam menghadapi perubahan cuaca,” pungkasnya. (hib/shb)