Antisipasi Kecurangan, UNBK SMKN-1 Bangkalan Diawasi Dengan CCTV

SMKN-1 Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di SMKN-1 Bangkalan diawasi dengan Closed Circuit Television (CCTV). “Dalam UNBK kali ada 5 ruangan yang ditempati UNBK dan semua ruangan itu kita lengkapi dengan CCTV,” kata  Kepala UPT SMKN-1 Bangkalan,  Qurrotunaini, Selasa (03/4/2018).

Dikatakan dia, meskipun dilengkapi dengan CCTV, namun tetap ada pengawas ruangan, yang dalam pelaksanaan UNBK ini, sistem pengawas dilakukan dengan sistem silang. “Kebetulan pengawas ruangan SMKN-1 ini silang dengan SMK Al Hikam dan SMK Darul Mustofa,” jelas mantan Kepala Sekolah SMKN-1 Arosbaya ini.

Dijelaskan Qurrotuaini, jumlah peserta UNBK di SMKN-1 Bangkalan ini ada sebanyak 215 orang yang terdiri dari jurusan Administrasi Perkantoran 70 orang siswa, jurusan Akuntansi 39 siswa, Pemasaran 17 siswa, akomodasi Perhotelan 72 siswa dan jurusan tata busana 17 siswa. “Alhamdulillah semua peserta UNBK hadir semua,” terangnya.

Sebenarnya kata Qurrotuaini, jumlah jurusan di SMKN-1 Bangkalan ini ada 6 jurusan, namun yang mengikuti UNBK 5 jurusan. “1 jurusan ini, merupakan jurusan baru dan masih belum UNBK karena masih sampai kelas 10,” katanya.

Ditambahkan Qurrotuaini, di SMKN-1 Bangkalan, pelaksanaan UNBK dijadikan 2 sesi dengan jumlah ruangan sebanyak 5. “Kalau untuk servernya, kita gunakan server utama sebanyak 3 unit dan  1 server cadangan,” tuturnya.

Selama pelaksanaan UNBK  mulai hari pertama hingga hari kedua ini, pelaksanaan UNBK di SMKN-1 Bangkalan berlangsung dengan aman. “Alhamdulillah hingga hari kedua ini tidak ada gangguan dan semuanya berjalan lancar,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100