HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Antisipasi Virus Covid-19 Varian Baru Omicron Dinkes Bangkalan Gencar Lakukan Edukasi Prokes dan Vaksin

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Saat ini virus Covid-19 varian baru Omicron memang belum masuk ke Indonesia. meskipun virus asal Afrika itu sudah ada di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. untuk mengantisipasi virus Covid-19 varian baru Omicron, saat Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan gencar melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. “Tameng utama dari virus Omicron ini adalah prokes dan vaksinasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo, Ahad (12/12/2021)

Dinas Kesehatan sebagai leading sektor dibidang kesehatan saat ini terus menerus melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dan vaksinasi kepada masyarakat di seluruh kabupaten Bangkalan. “Kami tidak jenuh jenuhnya dan tidak henti hentinya selalu memberikan edukasi memberikan penyuluhan kepada seluruh masyarakat yang ada di kabupaten Bangkalan untuk selalu taat terhadap prokes, karena apapun alasannya prokes itu modal utama, virus tidak  bisa masuk  ke tubuh kita karena sudah dicuci duluan oleh masker yang kita pakai,” jelas Yoyok sapaan akrabnya  Kadinkes Bangkalan ini.

Karena prokes dan vaksinasi adalah tameng utama dalam mengantisipasi virus Covid-19 varian Omicron ini, Kadinkes Bangkalan mengharapkan agar masyarakat yang belum disuntik vaksin segera mendatangi faskes dan gerai gerai vaksin yang telah disediakan oleh pemkab Bangkalan.  “Kita harapkan masyarakat yang belum dapat suntikan vaksinasi baik tahap 1 maupun tahap 2 segera mendatangi faskes-faskes atau galeri yang disiapkan oleh pemkab,” tuturnya.

Kadinkes Bangkalan juga mengharapkan agar supaya masyarakat tidak kendor dalam menerapkan prokes untuk mengantisipasi virus Covid-19 varian baru Omicron ini. “Memang sampai saat ini virus Omicron di indonesia belum ada dan mudah mudah seterusnya tidak sampai masuk ke Indonesia, namun saya harap masyarakat jangan kendor dalam menerapkan prokes,” katanya.  

Imroni salah seorang warga kelurahan Mlajah kecamatan kota Bangkalan mengaku was-was dengan adanya kabar virus Covid-19 varian baru Omicron ini. pria yang sehari harinya berprofesi sebagai pedagang ini mengaku selama ini sellau patuh terhadap prokes. “Meskipun masyarakat sudah mulai banyak yang ngak pakai masker, karena saya takut terpapar saya tetap pakai masker dan sudah 2 kali disuntik vaksin, semoga virus varian baru tidak sampai masuk ke sini pak,” pungkas Imroni. (min/shb)