HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Awal Bulan Juni TPG Guru CPNS  Cair

Sekretaris Disdik Kabupaten bangkalan, Bambang Budi Mustika
Sekretaris Disdik Kabupaten bangkalan, Bambang Budi Mustika

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Para guru calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) dilingkungan dinas pendidikan kabupaten bangkalan nampaknya masih harus bersabar untuk bisa menerima uang Tunjangan Profesi Guru (TPG). Pasalnya Disdik kabupaten Bangkalan masih akan mengkonsultasikan satu point dari Juknis pencairan TPG tersebut. “Sebenarnya dalam minggu ini TPG sudah bisa dicairkan, tapi karena ada satu poin dari  juknis itu belum kita pahami,makanya Insya Allah besok saya kan ke Jakarta untuk mengkonsultasikan poin dalam juknis yang belum kita pahami itu ke Kemendikbud dan Kemenkeu,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Rabu (18/05/2016).

Dijelaskan dia, poin dalamjuknis yang belum dipahami itu adalah golongan III A x 80 persen x 0 tahun. “Padahal guru CPNS di kabupaten bangkalan ini ngak ada yang nol tahun, mereka rata-rata sudah mengabdi antara 8 hingga 10 tahun. Nah masalah ini yang akan kita konsultasikan,” jelan Bambang panggilan akrbanya Sekretaris Disdik Bangkalan itu

Lebih lanjut Bambang menjelaskan, sebenarnya dana untuk TPG tersebut telah ada dan siap untuk dicairkan, namun karena ada beberapa kendala tehnis, maka TPG ini bisa dicairkan pada awal bulan Juni nanti. “Sebenarnya dalam minggu ini bisa dicairkan, dan hampir semua kabupaten/kota  di jatim memang belum ada yang mencairkan TGP, yang saya tahu baru dua kabupaten di jatim yang telah mencairkan TGP-nya yaitu kabupaten Tuban, satu-nya saya lupa kabupaten mana,” tuturnya.

ditambahkan Bambang, Seharusnya TPG ini dicairkan pada awal April. TPG yang khusus untuk guru yang telah lulus sertifikasi ini sebenarnya diberikan setiap triwulan.  “Pada bulan April dana TPG ini sudah masuk di kasda. Namun belum dicairkan kerana waktu itu juknis-nya belum turun, minggu kedua juknis turun, tapi ada satu poin yang kurang dipahami, makanya akan konsultasi dulu, ya selambat-lambatnya TPG ini bisa cair awal bulan Juni,” katanya.

ditambahkan Bambang, jumlah guru CPNS yang lulus  sertifikasi di disdik kabupaten bangkalan  sebanyak 150 orang guru. Dan Tunjangan Profesi Guru bagi guru CPNS ini baru pertamakalinya. “Kalau Guru yang sudah lulus sertifikasi ini  sebanyak 4.070, yang siap diluncukan untuk triwulan pertama sebanyak 3.840 guru CPNS. Sementara yang 230 Guru dapodiknya belum valid dan SK-nya belum turun, untuk yang 230  guru di SMA dan SMK saja, karena baru tahu ini SMA dan SMK yang melakukan Dapodik,” pungkasnya. (hib/shb).