HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Awal Romadhan Antara NU Dan Muhammadiyah Diprediksikan Bersamaan

Kemenag Bangkalan, Achmad Mudjalli

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten Bangkalan memprediksi bahwa awal bulan Romadhan tahun ini antara Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah akan bersamaan.” Mudah mudahan bersamaan, dan Insya Allah awal puasa tidak ada perbedaaan antara NU dan Muhammadiyah,” kata Kepala Kantor Kemenag Bangkalan, Achmad Mudjalli, Senin (22/5/2017).

Dikatakan Achmad Mudjalli, meskipun di prediksi NU dan Muhammadiyah akan bersamaan didalam menentukan awal bulan Romadhan, namun Kemenag kabupaten Bangkalan tetap akan melaksanakan Rukyatul Hilal. “Kita (Kemenag Red) tetap akan mengadakan rukyatul hilal pada titik rukyatul hilal yang suah disepakati oleh Kementrian agama, bersama-samadengan pemkab Bangkalan, Pengadilan Agama dan Ormas- Ormas Islam yang di bangkalan seperti  NU dan Muhammadiyah,” jelasnya.

Dijelaskan Achmad Mudjalli, Rukyatul hilal tersebut nanti akan dilaksanakan di pantai desa Gebang kecamatan kota Bangkalan. “Selain Rukyatul hilal, namun didalam menentukan awal Romadhan nanti kita tetap menunggu sidang isbat dari pemerintah,” tuturnya.

Namun kata Achmad Mudjalli, sampai saat ini pihaknya belum mendengar adanya perbedaan didalam menentukan awal bulan Suci Romadhan. “Belum mendengar ada perbedaan pada awal bulan puasa, dan kita berharap awal puasa bersamaan. kalau bersamaan kan enak, positifnya masyarakat tenang dalam melaksanakan ibadah puasa,” pungkasnya.(hib/shb)