HEADLINEHUKUM & KRIMINALKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Badan Pengawas Tenaga Nuklir RI Turut Meneliti Puing Roket Falcon 9 di Sumenep

pengawas tenaga nuklir republik-indonesia
pengawas tenaga nuklir republik-indonesia

Sumenep, maduranewsmedia.com – Tim dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Republik Indonesia datang ke Kabupaten Sumenep. Untuk melakukan pengecekan dan pemerikasaan material benda puing roket Falcon 9 yang jatuh di Kepulauan Gili Raja, Kecamatan Giligenting beberapa hari lalu.

Kedatangan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Republik Indonesia ini karena  diminta tim LAPAN untuk secara formal membantu mengidentifikasi material puing roket Falcon 9. “Saya diminta tim lapan untuk membantu melakukan penelitian terhadap puing-puing yang di duga roket Falcon 9, agar cepat selesai dan warga tidak ketakutan,”  kata Kasubdit Kesiap Siagaan Bapeten RI, Muhamad Ridwan, Kamis (29/9/2016).

Kemarin, Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang terdiri dari lima ilmuan juga telah melakukan penyelidikan benda-benda tersebut.

LAPAN telah mengintrogasi warga-warga yang menyaksikan saat benda jatuh tersebut. Selain mengintrogasi, juga meneliti serta menyesuaikan titik koordinat bumi lokasi penemuan benda itu.

Untuk sementara, benda berbentuk drum dan mirip slinder dengan lilitan hitam serta benda seperti radiator diduga kuat serpihan roket Falcon 9 milik Amerika Serikat yang diluncurkan 14 Agustus 2016 lalu. Bagian-bagian roket tersebut mengalami gesekan dengan atmosfir sehingga terpecah dan jatuh ke bumi.. (rhm/shb)