Banyak Masyarakat Yang Tidak Tahu Jika Hari Ini Diperingati Sebagai Hari Lembaga Sosial Desa

  

MH Mahfud Staf DPMD Propinsi Jawa Timur

Sidoarjo,maduranewsmedia.com– Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jika tanggal 5 Mei 2020 ini diperingati sebagai hari Lembaga Sosial Desa. “Ya Wajar kalau masyarakar tidak tahu jika hari ini tanggal 5 Mei 2020 diperingati sebagai hari lembaga sosial desa, sebab memang tidak ada perayaan besar untuk memeriahkan peringatan hari lembaga sosial desa ini, Namun tidak ada salahnya kalau kita peringati Hari Lembaga sosial desa ini sebagai bentuk refleksi semangat perjuangan para pengurusnya,”  kata staf DPMD Provinsi Jawa Timur, MH Mahfud, Selasa  (05/05/2020).

Dikatakan dia, ada beberapa lembaga sosial yang ada di desa, antara lain; Koperasi Unit Desa, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK),  Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) dan  Karang Taruna. “Dengan keberadaan ke empat lembaga sosial desa ini, fungsi fungsi sosial masyarakat desa dapat terselesaikan, sehingga kepala desa dapat terbantukan,” jelasnya..

Oleh sebab itu kata Mahfud, keberadaan ke empat lembaga sosial desa dapat dilihat kipranya di tengah-tengah masyrakat desa. “Kami harap ke-4 lembaga sosial desa ini dapat dirasakan kiprahnya di desa sehingga bisa membantu pekerjaan kepala desa dalam bidang sosial kemasyarakatan,” terang  Mahfud yang juga alumni Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini.

Ditambahkan Mahfud, didalam melaksanakan fungsinya, lembaga sosial desa merujuk pada Permendagri No 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, sedangkan untuk Karangtaruna ada dasar hukum tersendiri yakni Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. “Untuk mewujudkan desa yang sejahtera, butuh kolaborasi antara pemerintahan desa dengan lembaga lembaga sosial yang ada di desa, bentuk kolaborasi itu bisa diwujudkan dengan pengalokasian sebagian kecil anggaran Dana Desa untuk kegiatan kegiatan Lembaga Sosial Desa itu sendiri,” pungkas pemuda asal burneh bangkalan ini. (hib/shb)