HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Baznas Kabupaten Bangkalan  Distribusikan Zakat Maal PNS Sebesar Rp 1 Milyar

 

Bupati bangkala, saat menyaksikan pembagian sembako
Bupati bangkala, saat menyaksikan pembagian sembako

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad mendistribusikan Zakat mal sebesar Rp 1 Milyar. Zakat mal tersebut merupakan zakat mal para PNS yang dikumpulkan dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) oleh Badan amil zakat Nasional (Baznas) kabupaten Bangkalan. “Kami atas nama Pemerintah kabupaten bangkalan mengucapkan terima kasih kepad Baznas kabupaten bangkalan dan saya sangat mengapresiasi kegiatan rutin  yang dilakukan Bazna kabupaten bangkaln ini,” kata  Ra Momon panggilan akrabnya Bupati bangkalan dalam acara Pendistribusian zakat infaq dan Sodakoh. Baznas kabupaten Bangkalan di pendopo agung, Rabu (22/06/2016).

Dikatakan dia, zakat mal PNS yang dikumpulkan oleh Baznas kabupaten bangkalan ini merupakan bentuk kepedulian pemkab Bangkalan terhadap anak yatim, guru ngaji dan kaum Duafa. “Jadi teman-teman SKPD bisa ikut berpatisipasi dalam pengumpulan zakat maal oleh Baznas  kabupaten bangkalan ini, dan saya harap kedepan jumklah dana yang dikumpulkan oleh Baznas terus meningkat,” jelas Ra Momon.

Lebih lanjut Ra Momon menjelaskan, dalam pendisttibusian zakat maal ini, Baznas kabupaten bangkalan mendistribusikan dalam bentuk konsumtif dan produktif. “Ya brentuk bentuk konsutifnya diberikan dalam bentuk sembako yang diberikan pada bulan puasa dan momoennya sangat tepat sekali, sementara  produktif diberikan dalam bentuk bantuan modal kepada penguasah kecil seperti penjual rujak, pedagan  kaki lima, tapi mereka harus mengembalikan lagi dan pinjaman ini tanpa bunga,” katanya.

Karena program dari baznas kabupaten bangkalan ini dinilai sangat bagus, maka orang nomer satu dilingkungan pemkab Bangkalan ini mengharuskan kepada BUMD, SKPD camat untuk mengeluarkan zakat mal. “BUMD, SKPD dan  Camat harus membantu program bazna kabupaten bangkalan ini,” tuturnya.

sementara itu, Ketua Baznas kabupaten Bangkalan, KH Nuruddin A Rahman,  menjelaskan, dana yang dikumpulkan mulai bulan romadhan tahun lalu hingga bulan bulan romadhan tahun ini jumlahnya sekbesar Rp 1 milyar. “Saya ucpakan terimakasih kepada masyarakat dan Bupati yang mendorong SKPD-nya untuk  membayar zakat maal,” kata Nuruddin.

Dikatakan Nuruddin, dana yang dikumpulkan Baznas ini akan didistribusikan kepada
700 anak yatim, 700 kaum duafa, 500 orang guru ngaji, 5 masjid 10 mushollah dan 20 orang bidhik duafa. “Jadi kaum bidik duafa ini, mereka ini orang yang betul-betul tidak mampu dan hidupnya tergantung kepada orang lain, jadi total mereka yang menerim bantuan dari Baznas Kabupaten sebanyak 1.935 orang,” pungkas Nuruddin.(hib/shb)