HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BBWS Brantas Laporkan Soal Rencana Pembangunan Waduk Blega Ke Presiden Jokowi

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Amir Hamzah
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Amir Hamzah

Sampang, Maduranewsmedia.com– Waduk Nipah yang di setuji Pembangunannya pada tahun 1973 telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pada saat peresmian Waduk yang bisa mengairi 150 ribu hektar sawah itu, Mantan Gubernur DKI jakarta itu sempat menanyakan rencana pembangunan  Waduk Lain di Madura diantaranya Waduk Blega. “Bendungan apalagi yang ada disini yang belum selesai ?,” kata Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Amir Hamzah menurikan Pertanyaam Presiden RI Joko Widodo disela-sela acara peresmian waduk Nipah, Sabtu (19/03/2016).

Mendapat pertanyaan dari orang nomer satu di Indonesia itu, Kepala BBWS Brantas menjawab jika di Madura ini masih ada satu rencana pembangunan waduk yang belum selesai yaitu waduk Blega. “Ya kami jawab, Waduk Blega siap,” kata Amir Hamzah.

Dikatakan Amir Hamzah, untuk rencana pembangunan waduk Blega, desai-desainnya sudah siap. “Tadi bapak Presiden menyatakan, kalau semua rencana pembangunan Waduk blega sudah siap, silahkan saja, namun disitu ada masyrakat, ada penduduk yang harus dipikirkan,” jelas Amir Hamzah.

Lebih lanjut Amir Hamzah menjelaskan, jika nanti waduk blega jadi dibangun, maka waduk tersebut akan bisa meanmpung air sebesar 20 juta kubik. ”Kalau waduk blega dibangun, maka di kecamatan Blega tidak akan ada banjir lagi,” tuturnya.

Namun kata Amir Hamzah, untuk rencana pembangunan waduk Blega ini, masih akan dikoordinasikan. “Untuk pembangunan Waduk blega masih belum, Cuma tadi bapak Presiden hanya bertanya saja, dan untuk merealisasikan pembanguna Waduk blega ini masih perlu dikoordinasikan,” pungkas Amir Hamzah. (hib/shb)