HEADLINEPENDIDIKANTERKINI

Bekali Pengetahuan Tentang Budaya Lokal BEM FISIB UTM Gelar Simposium Budaya

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk membekali pengetahuan tentang budaya lokal,  Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura (BEM FISIB UTM) menggelar simposium budaya. Simposium  bertajuk “Reseliensi wajah Budaya Nusantara dalam Pusaran Zaman” itu digelar secara online pada Ahad (28/11/2021).

Acara Simposium budaya itu merupakan rangkaian dari kegiatan semarak budaya yang dimeraihkan dengan sejumlah kegiatan diantaranya; lomba caver lagu daerah dan malam puncak semarak budaya. dalam simposium budaya yang digelar secara online, panitia menghadirkan dua orang nara sumber yaitu ;  pengusaha dan pembatik asal   kabupaten Malang, Syaiyuri dan duta budaya Jawa Timur,  Widan Febriansyah.

Ketua panitia pelaksana Dian Indrayani menjelaskan, tujuan diadakannya simposium budaya ini untuk memperkenalkan, memperluas dan mengedukasi, serta meningkatkan rasa cinta pada kebudayaan nusantara dimasa kini dan nanti kepada generasi muda serta masyarakat luas. “Dengan diadakannya simposium budaya ini mereka berharap agar generasi muda dapat berkontribusi dalam memajukan kebudayaan lokal,” katanya.

Salah seorang Nara Sumber pengusaha dan pembatik asal Kabupaten Malang, Syaiyuri mengatakan,  jika budaya sudah memudar diluar lingkungan, minimal budaya itu masih berkembang di dalam rumah. “Masyarakat sekarang sudah atau hampir melupakan Bahasa daerah atau budaya mereka. Kata kunci unutk mengembalikan atau mengenalkan budaya serta bahas daerah supaya tidak dilupakan dapat di mulai dari lingkup yang terkecil seperti keluarga dan individual,”pungkasnya. (sna/shb).