KESEHATANPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Belajar Di Kelas Pakai Masker Jadi Kebiasaan Baru Peserta Didik SMKN-2 Bangkalan Di Masa Pandemi Covid-19

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Adanya pandemi Covid-19 telah merubah kebiasaan peserta Didik SMKN-2 Bangkalan. sejak dimulainya pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan siswa yang masuk terbatas, pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya Covid-19  kluster pendidikan.

Protokol kesehatan ketat di terapkan oleh SMKN-2 Bangkalan, sebelum masuk ke lingkungan sekolah, siswa diwajibkan mengecek suhu tubuh mereka dengan alat pengukur suhu thermogun. begitu juga sebelum masuk ke dalam kelsa, siswa harus mencuci tangan dan didalam kelas siswa tidak boleh melepaskan masker. “Melaksanakan disiplin prokes sebelum mengikuti pelajaran di kelas sudah menjadi kebiasaan baru siswa SMKN 2  selama pandemi covid-19,” kata Kepala UPTD SMKN-2 Bangkalan, Nur Hazizah, S.Pd, M.Pd, Sabtu (11/12/2021).

Bukan hanya menerapkan prokes dengan ketat yang menjadi kebiasaan baru peserta Didik SMKN-2 Bangkalan, namun dalam proses belajar mengajar seperti pembelajaran daring juga telah menjadi kebiasaan baru  “Sebelum ada pandemi Covid-19 kita tidak biasa dengan pembelajaran daring, sekarang pembelajaran daring itu sudah menjadi kebiasaan baru kami,” jelas Nur sapaan akrabnya Kepala UPTD SMKN-2 Bangkalan ini.   

Di dalam menjalankan kebiasaan baru ini dimasa pandemi Covid-19 ini, kepala UPTD SMKN-2 Bangkalan terus meningkatkan SDM Guru. “Teman teman guru yang tidak bisa  aplikasi harus belajar karena pembelajaran dengan menggunakan aplikasi telah  menjadi kebiasaan baru,” katanya.

Selain menerapkan protokol kesehatan pada  saat pembelajaran tatap muka berlangsung, SMKN-2 Bangkalan mewajibkan siswa nya untuk di vaksin. “Alhamdulillah kalau  vaksin di sekolah kami sudah 80 persen dan anak kelas XI yang magang di wajib vaksin, begitu juga anak kelas XII  juga wajib vaksin karena mereka  mau ikut ujian,” tuturnya.

Indri Siswi kelasa XI mengaku sudah biasa melaksanakan kebiasaan baru di SMKN-2 Bangkalan. “Kalau ngak laksanakan prokes seperti  mengukur suhu badan, pakai masker  dan cuci tangan sebelum masuk kelas seperti ada yang kurang,” pungkasnya. (min/shb)