Beri Semangat Kepada Tenaga Medis, Kodim 0829/Bangkalan Bantu APD dan Sembako

Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan saat menyerahkan bantuan

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk memberikan semangat kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien yang terpapar virus Corona (covid-19), Kodim 0829/Bangkalan memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako kepada Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bangkalan. “Tujuan pemberian bantuan ini untuk memberikan semangat kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam tim gugus tugas covid-19 kabupaten bangkalan,” kata Dandim 0829/Bangkalan Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo, S.Sos usai menyerahkan bantuan di aula Gedung Pertemuan Manunggal Kodim 0829/Bangkalan, Senin (11/5)

Dikatakan dia, bantuan ini merupakan hasil kerjasama antara kodim 0829/Bangkalan, dengan  Surabaya Friendship Club. “Komunitas ini adalah komunitasnya dari orang orang di Surabaya yang peduli terhadap Kesehatan di kabupaten Bangkalan, sehingga mereka memberikan bantuan bantuan untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan dalam penanganan penyebaran Virus Corona (COVID-19).melalui Kodim untuk  tenaga medis di Bangkalan,” jelas Ari sapaan akrabnya Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Kav Ari Setyawan Wibowo.

Dijelaskan Ari, jumlah bantuan yang diserahkan ada 23 paket APD. “Karena jumlahnya puskesmas 22 dan untuk kodim 1 paket jadi totalnya ada 23 paket sedangkan jumlah APD-nya ada 380 buah, karena perpaketnya isi 23. Kalau isi paketnya ya ada macem –macem ada kacamata, ada sarden ada juga jamu maupun susu,” terangnya.

Selama ini kata Ari, Kodim 0829/Bangkalan tidak mempunyai APD. “Kalau APD di Kodim memang tidak punya, dengan adanya bantuan teman dari surabya ini di Kodim kita lengkapi, jadi tidak hanya di psukesmas, di Kodim juga diliengkapi APD, dan apabila nanti diperlukan bantuan untuk tenaga medis sebagai garda terdepan kitapun siap,” tuturnya.

Sementara itu, Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo, S.Kep, Ns. mengatakan, bantuan APD memang masih sangat diperlukan. “Ini sebagai bentuk kepedulian yang luar bisa kepada Dinkes dan jajaran terutama di puskesmas, APD ini  kita masih sangat membutuhkan, ini upaya dari kodim 0829/Bangkalan untuk mencari solusi kekurangan APD di lapangan,” kata Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Sebab kata dia, meskipun di Puskesmas APD sudah cukup, namun untuk petugas dilpangan masih kurang. “Kalau ditingkat Puskesmas APD memang sudah cukup, tapi ditingkat lapangan, karena kami ada jaringan dibawah seperti  puskesmas pembantu,  Polindes, Poskesdes   ini juga membutuhkan APD lengkap, dan sangat kami butuhkan keberadaanya di lapangan,” pungkasnya. (hib/shb)