Berikan Pelayanan Yang Prima Kepada Masyarakat, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron Launching Mal Pelayanan Publik

Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron Mengunting bunga sebagai tanda dibukanya MPP secara resmi

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Bupati bangkalan, R Abd Latif Amin Imron melaunching Mal Pelayanan Publik (MPP). “Mudah-mudah-mudahan MPP ini bermanfaat bagi kita semua, MPP ini salah satu upaya Pemkab Bangkalan dalam memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan saat acara launching MPP di Bangkalan Plaza lantai 3, Kamis (03/09/2020).

Ra Latif memberikan Apresiasi   kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah berhasil menghadirkan inovasi berupa MPP. “Diharapkan MPP ini nantinya bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan publik di kabupaten Bangkalan,” jelasnya.

Dijelaskan Ra Latif, pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang jasa atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. “Keberadaan MPP di kabupaten Bangkalan ini merupakan tekad dari pemerintah daerah maupun forkopimda untuk menjawab tuntutan publik atau masyarakat terhadap layanan publik yang prima  yakni layanan publik yang cepat, efektif, efisien, terintegrasi dan transparan,” terangnya.

Pelayanan publik ini kata Ra Latif, sebagai tolak ukur dari keberhasilan kinerja pemerintah, karena keberhasilan dalam membangunan kinerja pelayanan publik secara profesional, efektif, efisien dan akuntabel akan mengangkat citra positif pemerintah dan menjadi media untuk megundang dan membangun kepercayaan para investor untuk berinvestasi di kabupaten Bangkalan.

Oleh sebab itu imbuh Ra Latif, dengan diresmikannya MPP di kabupaten bangkalan diharapkan akan membawa suatu perubahan pelayanan perijinan yang terintegrasi baik dari pemerintah pusat, daerah dan swasta dalam satu gedung sehingga msyarakat tidak perlu lagi mendatangi berbagai kantor untuk mengurus perijinan dan lain lain. “Melalui MPP masyarakat bisa lebih cepat, lebih mudah dan nyaman dalam mengurus perijinan, karena masyarakat tidak hanya disibukkan dengan mengurus ijin saja,” tuturnya.

namun Ujar Ra Latif, pada saat mengurus ijin dan bosan menunggu,  masyarakat bisa keliling Mal sambil berbelanja. “Ya sambil menunggu biar tidak boring, kesempatan bisa kita nikmati bersama khususnya kepada masyarakat maupun investor yang akan berinvestasi di kabupaten kami,” katanya.

Ditambahkan Ra Latif, melalui MPP ini masyarakat bisa lebih cepat, lebih mudah dan nyaman dalam mengurus perijinan, karena masyarakat tidak hanya disibukkan dengan mengurus ijin saja pelayanan publik yang diakses di MPP ini sudah lengkap, tidak hanya akses perijinan saja, akses perjinan yang terdapat di 14 OPD dilingkungan pemkab Bangkalan namun unsur swasta, seperti bank jatim dan 6 instansi vertikal terdiri dari Polres, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, pengadilan  agama, BPN, BPJS dan 13 bidang bidang serta 107 jenis layanan. “Ada nilai plus di MPP ini yaitu adanya Imigrasi artinya masyarakat kabupaten bangkalan untuk membuat paspor tidak perlu lagi ke Surabaya atau ke pamekasan cukup di MPP ini. mudah mudahan  masyarakat kabupaten Bangkalan yang akan mengurus pasport lebih mudah dan cepat,” ujarnya.

Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron saat foto bersama usai melaunching MPP

Terwujudnya MPP ini kata Ra Latif, adalah bagian komitmen kuat pemkab bangkalan beserta lembaga lainnya sebagai langkah yang strategis dalam merespon kebutuhan dan tantangan revolusi tehnologi informasi yang harus dilakukan oleh jajaran birokrasi meliputi percepatan pelayanan akurasi pelayanan dan fleksibelitas kerja sehingga diharapkan terbentuk ASN modern memiliki etos kerja  yang baik dan profesional selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang pada akhirnya mampu mendongkrak perekonomian serta taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat di kabupaten bangkalan

kedepan imbuhnya, MPP ini akan terus dikembangkan dan disempurnakan dengan komitmen pemerintah kabupaten bangkalan untuk meningkatkan nilai pelayanan yang baik sekaligus  mengubah ;pola pikir dan ego sektoral antar institusi hingga menjadi kerja sama yang menjadi kekompakan. “Pelayanan perijinan yang prima bagi masyarakat sekaligus sebagai simulasi bagi pertumbuhan industri UMKM  memperkuat daya saing global dan tumbuhnya minat investor sehingga perekonomian serta kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” harapnya.           

sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kabupaten Bangkalan, Ainul Ghufron, menjelaskan, tujuan dari MPP ini agar setelah dilaunchingnya MPP ini agar pelayanan publik dapat segera diintegrasikan dan diimplementasikan.


manfaatkan yang ingin dicapai kata Ainul Ghufron, memudahkan pelayanan publik lintas OPD meningkatkan efektifitas kinerja pelayan publik, mempersingkat watu layanan publik. sedangkan manfaat secara ekternal meningkatkan pelayanan perijinan kepada pelaku usaha dan steakholder ekternal, mengintegrasikan pelayanan terpadu satu pintu menjadi one top service. “Ppada akhirnya yang kita harapkan  dapat meningkatkan kepuasan pelayanan kepada masyarakat,” kata Ainul sapaan akrabnya Kadis DPMPTSP ini..

Sedangkan urgensitas MPP ini lanjut Ainul merupakan sesuatu yang sangat urgen sebagai respon dari pemerintah daerah untuk menjawab tuntutan terhadap pelayanan prima yang terus mengemuka, seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kecepatan kemudahan dalam memperoleh layanan publik. (hib/shb/*/)