HEADLINEOLAH RAGAPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Berlaga Di Lima Katagori IPSI Bangkalan Optimis Bisa Gaet Emas Grand Final Piala Gubernur

image

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Tujuh atlet Pencak Silat utusan Pengkab IPSI Bangkalan, Rabu (25/5) besok, akan mulai turun berlaga dalam event grand final kejuaraan Pencak Silat golongan remaja (13-15 tahun) memperebutkan Piala Gubernur di GOR Unesa, Jalan Lidah Wetan, Surabaya. Mereka akan turun di lima katagori, yakni satu pesilat akan berlaga di katagori tanding (fighting), dua pesilat di katagori tunggal putra dan putrid, serta empat pesilat akan berlaga di katagori ganda putra dan ganda putri.
Jelasnya, pesilat Muhammad Dwi Agna akan berlaga di kelas D katagori tanding (fighting) putra, Nafis Fajriyus Zuhur di katagori tunggal putra, Nawal Fara Maduri Putri di tunggal putri, duet Achmad Sudex dan MohIvan Alif Kadaffi di ganda putra, serta duet Zahita Fauqanurin Zahma dan Faninazila Azzahra Amnurdiant akan berlaga di katagori ganda putri.
Menurut Ketua Umum Pengkab IPSI Bangkalan, Ir H Abdul Razak,MM, ketujuh pesilat andalan Kabupaten Bangkalan itu sudah dipersiapkan secara matang. “Mereka sudah menjalani Puslatkab selama hampir tiga bulan,” kata Abdul Razak, Selasa (24/5) pagi, seusai melepas keberangkatan tujuh atlet andalan IPSI setempat menuju medan laga.
Dijelaskan, ketujuh atlet tempat pelatih Suhartono dan Syarief Hidayatullah itu, mulai menjalani Puslatkab seusai pelaksanaan Kejurkab Pencak Silat di Bangkalan pertengahan Maret lalu. Pelatihan ala Spartan (exktra keras) melalui Puslatkab itu kemudian berlanjut pasca pelaksanaan event Kejurwil Piala Gubernur Bakorwil IV di GOR SAKA pada pekan keempat April lalu, dan beru berakhir beberapa hari menjelang keberangkatan ke event grand final Piala Gubernur.
Itu sebabnya, ketujuh atlet Bangkalan yang akan berlaga di grand final Piala Gubernur, menurut Razak, sudah berbekal persiapan cukup matang. Tidak hanya dari sisi stamina, tehnik, taktik dan strategi bertanding. Tetapi juga dari sisi kesiapan mental.
“Makanya, kami optimis sebagian dari mereka, Insya Allah, akan mampu meraih prestasi di event grand final Piala Gubernur ini. Paling tidak, mereka bisa meraih satu medali emas, serta beberapa perak dan perunggu,” tandas Razak.
Dilain pihak, Wasit-Juri Internasional Cabor Pencak Silat asal Bangkalan, Drs Mas Imam Luthfi, mengisyaratkan bahwa beberapa atlet Bangkalan memang punya cukup peluang untuk bisa mencapai prestasi puncak. Diantaranya, peluang itu ada di pundak duet pesilat Achmad Sudez dan Moh Ivan Alif Kadaffi yang berlaga di katagori ganda putra.
“Keduanya memiliki variasi serang-bela yang cukup variatif, komplit dan dinamis. Power dan endurance (tamina-Red) keduanya juga amat bagus,” ungkap Imam, yang dalam event grand final Piala Gubernur nanti akan bertugas sebagai ketua petandingan. Artinya,  jika keduanya tampil maksimal seperti penampilan mereka di event Kejurwil Bakorwil IV akhir lalu, peluang untuk meraih medali emas cukup terbuka. Peluang lain, menurut Imam, juga bisa diharap dari penambilan pesilat Vafus Fajriyus Zuhur yang berlaga di katagori tunggal putra.
“Tetapi, peluang paling bersar, menurut pengamatan saya,  tetap bisa diharap dari katagori ganda putra. Sebab di katagori tunggal putra, ada dua pesilat yang amat tangguh, yakni pesilat asal Kabupaten Ngawi dan pesilat dari Kota Kediri. Keduanya adalah juara di event Kejurwil Bakorwil I dan Bakorwil III,” pungkas Imam. Lalu yang lain ? Peluang itu tetap ada. Hanya saja tidak sebesar peluang di katagori ganda dan tunggal putra. Benarkah ? Kita tunggu saja. (Sjam/shb).