HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BKKBN Propinsi Jatim Optimis Tahun Depan Kabupaten Bangkalan Akan Jadi Kabupaten Layak Anak

Perwakilan dari BKKBN Propinsi saat foto bersama

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur optimis tahun 2022, kabupaten Bangkalan akan menjadi salah satu Kabupaten layak anak di jawa Timur. “Untuk bisa menjadi kabupaten layak anak  nanti berdasarkan penilaian, tetapi saya optimis tahun depan kabupaten Bangkalan akan menjadi kabupaten layak anak,” kata  Perwakilan dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd. disela-sela acara rapat Kooordinasi Penguatan Program Bangga Kencana,pendataan Keluarga tahun 2021 (PK 2021) Penilaian kabupaten layak anak (KLA tahun 2021) di pendopo agung kabupaten Bangkalan, Rabu (17/02/2021). 

Dikatakan dia, untuk mewujudkan kabupaten Bangkalan menjadi kabupaten layak anak, BKKBN propinsi Jawa Timur akan terus memberikan support. “Kita berusaha dari BKKBN juga memberikan dukungan, untuk terwujudnya tahun ini kabupaten bangkalan menjadi kabupaten layak anak,” jelasnya.

Dijelaskan dia, untuk penilaian kabupaten Layakn anak ini akan dimulai pada bulan April 2021. “Secara nasional agendanya bulan April sampai dengan bulan Mei, kemudian ada waktu untuk dianalisis dan diolah, akhir tahun hasilnya sudah fit dan pada awal tahun 2022 sudah bisa disosilaisikan dan dioperasionalkan dengan baik,” terangnya.

sementara itu Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron, menjelaskan untuk menjadi kabupaten layak anak pesyratannya adalah  membuat peraturan.  “Kabupaten bisa menjadi kabupaten layak anak syaratnya adalah kabupaten harus mempunyai peraturan untuk mendsain di peraturan itu,” kata Ra Latif sapaan akrabnya Bupati Bangkalan ini. 

Selain itu kata Ra Latif, pemkab Bangkalan harus menyediakan  fasilitas untuk anak. “Kemudain ada fasilitas faslitas untuk ramah anak seperti di Puskesmas ada ruang bermain untuk anak, ruang menysusui, seperti  di Banplas sudah ada tempat bermain untuk anak,” tuturnya.

Ditambahkan Ra Latif, untuk mewujudkan kabupaten bangkalan menjadi kabupaten layak anak, pemkab Bangkalan akan membangun rumah aman.  “Insya allah rumah aman ini dalam waktu dekat akan terealisasi, saat ini masih dalam proses pelelangan,” pungkasnya. (hib/shb)