HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BPBD Bangkalan Himbau Masyarakat Waspadai Hujan Deras Disertai Petir dan Angin Kencang Dalam Sepekan Mendatang

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan meminta agar  masyarakat mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga deras yang diprediksi akan terjadi hingga sepekan mendatang. “Himbauan ini berdasarkan rilis yang disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, I Wayan Mustika dalam press release BMKG tanggal 6 April 2021 yang diterima BPBD Kabupaten Bangkalan. Di dalamnya disebutkan tentang potensi peningkatan curah hujan sepekan kedepan di Jawa Timur, termasuk di Kabuapaten Bangkalan,> kata Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris dalam Press Rilis, Selasa (06/04/2021).

Dikatakan dia, Kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa gangguan atmosfer yang menyebabkan adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan di jatim sehingga perlu diwaspadai potensi cuaca ekstrim. :Aktifnya pola tekanan rendah dan siklon tropis seroja di selatan Indonesia yang membentuk palung tekanan rendah memanjang dari barat ke timur sehingga menyebabkan adanya zona pertemuan angin di Jatim. Berdasarkan kondisi tersebut, perlu diwaspadai curah hujan dengan intensitas deras disertai petir dan angin kencang,” jelas Rizal sapaan akrabnya Kepala BPBD Bangkalan ini.

Oleh karena itu,  kata Rizal, masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem. Baik puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es maupun dampak yang dapat ditimbulkannya. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang. “Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi cuaca terkini, BMKG Juanda membuka layanan informasi cuaca 24 jam. Bisa diakses lewat website kami di  http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id atau dengan mem-follow media sosial baik di Instagram, Facebook atau Twitter @infobmkgjuanda. Bisa juga lewat aplikasi iOS dan Android “Info BMKG” atau langsung saja kontak ke kantor BMKG,” terangnya.

Ditambhakan Rizal,  Sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap tingginya curah dan intensitas hujan sepekan kedepan maka pihkanya  juga menghimbau agar masyarakat rajin meng-update informasi terbaru dari BMKG tentang prediksi cuaca berikut analisanya diantaranya ikhtiar kesiapsiagaan bencana oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bangkalan. (hib/shb)