HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BPK RI Akan Audit Dana Desa Di Madura

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail.

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI akan melakukan  audit keuangan dana desa (DD) di seluruh Indonesia. Termasuk di kota Pamekasan, Dalam waktu dekat tim auditor akan turun kebawah bersama Inspektorat Pamekasan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail. BPK RI telah membentuk tim auditor DD guna mengaudit seluruh laporan keuangan desa.Selain dari BPK, penggunaan DD juga akan diawasi Satgas DD yang dibetuk langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Yang kami tahu, ada 160 tenaga auditor perwakilan Jawa Timur, mereka akan meyebar ke masing-masing desa untuk mengaudit DD,” kata Ismail, Rabu, (11/7/2017).

Menurut Ismail, jika hasil audit terdapat kerugian negara, maka akan diproses hukum.”Biasanya jika ada temuan dari hasil audit BPK masih ada batas pengembalian, tetapi kalau itu tidak dilakukan, sanksi hukumnya pidana,” ungkanya.

Oleh karenanya, Ismail meminta kepada perangkat desa di Pamekasan untuk hati-hati dalam merealisasikan DD.”Kepala desa kalau tidak hati-hati bisa diproses hukum,” pungksya. (rhm/shb)