HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BPS Bangkalan Bakal Terapkan Sistem Online Dalam Sensus Penduduk Tahun 2020

Kepala seksi sensus penduduk BPS Bangkalan, Agip Junaidi Solihin

 

Bangkalan.maduranewsmedia.com– menjelang sensus penduduk yang akan diselenggarakan pada tahun 2020.. Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Bangkalan akan menerapkan sistem  online pada sensus penduduk tahun 2020 mendatang..

Kepala seksi sensus penduduk BPS Bangkalan, Agip Junaidi Solihin menjelaskan, dalam sensus penduduk tahun 2020 nanti BPS Bangkalan akan menerapkan sistem online. “Sensus penduduk dengan sistem  online ini akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret tahun 2020,” kata  Agip Junaidi Solihin, Kamis (31/10/2019)

Namun kata dia, sebelum sensus penduduk sistem online ini dilaksanakan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Untuk penerapan sensus penduduk sistem online ini kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui Kepala dusun (Kasun) di seluruh desa di kabupaten Bangkalan,” jelasnya..

Dijelaskan Agip Junaidi Solihin, tujuan dari sensus penduduk sistem online ini untuk mengetahui jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Bangkalan, penduduk yang berumur 12 tahun keatas akan didata secara online sedangkan untuk penduduk yang berumur 12 tahun kebawah akan dicatat datanya kemudian baru dimasukkan ke online. “Sistem yang kami pakai adalah combined method yang mana sistem ini menggabungkan data kependudukan dari BPS dan juga dari Dispendukcapil,” jelas Agip sapaan akrab Kasi sensus penduduk ini

Ditambahkan Agip,  dalam sensus penduduk sistem online ini, pihaknya akan bekerjasama dengan Dispendukcapil. “Kami akan menggunakan data dari Dispendukcapil dan selanjutnya jika ada yang kurang dari data Dispendukcapil itu kami akan menambahkan data dari BPS sehingga data tersebut menjadi singkron,” tutur Agip.

Dalam sensus penduduk sistem online ini kata Agip, BPS Bangkalan mematok target keberhasilan dari pendataan online ini sebesar 20 persen. “Final dari pendataan penduduk secara online ini nanti bulan Juli tahun 2020.  jika pada bulan Juli masih ada yang belum terdata maka  kami akan mengadakan sosialisasi lanjutan mengenai sistem yang kami terapkan kepada masyarakat,”katanya

BPS Bangkalan mengharapkan dengan adanya sensus penduduk sistem online ini, agar supaya memudahkan masyarakat dalam pendaftaran secara online dan memudahkan para pendata dalam melakukan sensus penduduk. (ver/shb).