Buah Kolang Kaling Masih Menjadi Menu Favorit Buka Puasa Warga Bangkalan

pedagang buah Kolang Kaling di pasar Tradisional kecamatan Burneh
pedagang buah Kolang Kaling di pasar Tradisional kecamatan Burneh

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Meskipun sudah banyak makanan siap saji sebagai menu berbuka puasa, namun masyarakat kabupaten Bangkalan masih tetap menyukai makanan tradisional buah Kolang Kaling. pada bulan suci Romadhan ini buah yang berwarna itu laris manis, walaupun tanpa pengawet buah ini  bisa bertahan hingga 1 minggu. “Pada hari Pertama puasa, 30 kg buah kolang kaling habis terjual,” kata Maryani penjual buah kolang kaling di pasar Tradisonal kecamatan Burneh, Minggu (21/06/2015)

Dikatakan Maryani, harga buah kolang saat ini Rp 15 ribu/kg-nya. Dan dalam satu hari dirinya bisa menjual 15 kg. “Alhamdulillah pak, selama bulan puasa ini, masyarakat masih suka buah Kolang kaling, Sehari kalau 15 kg kolang kaling bisa habis, bahkan pada hari pertama puasa, 30 kg kolang kaling saya habis terjual,” jelas Mar sapaan akrabnya.

Dijelaskan Mar, buah kolang kaling itu ia terima setiap dua hari sekali dari pegusaha buah kolang kaling asal desa Lantek kecamatan Galis. “Dua hari sekali saya dikirimi 30 kg, kadang sehari sudah habis, kadang 30 kg ini selama dua hari baru habis,” tuturnya.

Lebih lanjut Mar mengatakan, buah kolang kaling dagangannya itu bisa bertahan 4 hingga 6 hari. “Kolang kaling tahan sampai seminggu apalagi kalau direndam didalam air  maka akan semakin  bertahan lama, dan buahini tidak pakai pengawet,” pungkasnya. (hib/shb)