HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

BUMdes Di Sejumlah Desa Di Kecamatan Labang Mulai Tumbuh

Bangkalan, maduranewsmedia.com – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di sejumlah Desa di kecamatan Labang kabupaten  Bangkalan mulai tumbuh dan berkembang.
BUMdes yang sudah mulai berkembang itu antara BUMdes Bunajih, Sukolilo Barat, Labang, Sendang Dajah dan BUMdes Baengas.

Jenis usaha yang dikembangkan di BUMdes di kecamatan Labang bervariasi. “Kalau BUMdes Bunajih usahanya Air, BUMdes Sukolilo Barat itu wisata, BUMdes Labang penggemukan sapi, BUMdes Sendang Dajah pengelolaan Sampah dan BUMdes Baengas itu Konveksi dan sablon,” Jelas Camat Labang Fahrozi Choiril Zamzam, Minggu (19/09/2021)

Dikatakan dia, sebenar desa desa di kecamatan Labang banyak memiliki  potensi untuk dijadikan  usaha dalam Bumdes. “Sebenarnya banyak potensi asalkan desa mau, ” terang Rozi sapaan akrabnya Camat Labang ini.

Untuk memberi semangat kepada Kepala Desa untuk membangun BUMdes pihak kecamatan  telah mengajak para kepala desa di kecamatan Labang melakukan study banding ke beberapa daerah di Jatim dan Jateng. “Tahun 2019 kita ajak study banding ke Pujon Malang, 2021 ini mereka kita ajak study banding ajak ke Jogja. Jogja ini daerahnya sama dengan kita (Labang Red.), daerah pesisir tapi kering karena Karakteristiknya jogja sama, mereka kita ajak ke sana, ” tuturnya.

Ditambahkan Rozi saat ini pihak terus berupaya untuk membuka pemikiran para Kades di Kecamatan Labang.  “Di kecamatan Labang ini ada 13 desa,  pemikiran mereka sudah saya buka agar mengembangkan BUMdes untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Labang, masak kecamatan Labang yang dekat  dengan  Surabaya ngak maju, ” pungkasnya. (min/shb)