HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bumikan Al-Qur’an Di Kota Dzikir Dan Solawat,Bupati Bangkalan Gebyar Gerakan Menghafal Al Qur’an

bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron

Bangkalan,maduranewsmedia.com-Untuk membumikan Al-Qur,an di kota Dzikir dan solawat,  Bupati Bangkalan, R Abd latif Amin Imron Gebyar Gerakan menghafal al-Qur’an bagi siswa SD dan SMP. “Sebenarnya  gerakan menghafal Al Qu’ran ini sudah lama saya rencanakan namun baru bisa terealisasi saat ini.” Kata Ra Latif sapaan akranya Bupati Bangkalan ini.

Dikatakan dia, untuk mensukseskan gebyar menghafal Al_Qur’an ini, Pemkab Bangkalan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag kabupaten bangkalan.  “Kedepan nanti juga bisa bekerjasama dengan organisasi keagamaan seperi NU dan Muhamaddiyah. Semoga gerakan ini bisa membumikan al-qur,an di kabupaten bangkalan, dan  anak-anak kita bisa mencintai Al-qur,an makanya siswa-siswi mulai dari tingkat pendidikan dasar ntuk bisa menghafal al-qur,an minimal bisa menghafal Juz Amma,” jelasnya.

Dijelaskan dia, gebyar menghafal al-qur’an ini dilkaukan secara berjenjang. “Dari tiap pendidikan pendidikan ada tahapan tahapannya. Ditingkat SMP selain menghafal juga bisa menulis, jadi siswa SMP dan MTs tidak hanya menghafal Al-qur,an akan tetapi juga bisa menulis. Memang gerakan menghfal al- qur,an ditingkat SD dan anak usia dini dan taman bermain  bisa menghafal surat surat pendek,” terangnya..

Sementara Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika menjelaskan, program menghafal al-qur,an ini bukan program dadakan dara Bupati Bangkalan. “Sebenarnya program ini sudah ada, buktinya tayangan dari SD kemayoran 1 tadi, dan ini yang mengilhami, makan kita akan laksanakan sesuai dengan Perbup  dan Perdanya sudah ada,” katanya..

Ditambahkan Bambang, Disdik bangkalan menginisiasi program menghafal al-qur,an ini dan akan menyeragamkan mulai dari tingkat SD, MI mau madrasah Tsanawiyah dan SMP. “Ya kedepan bukan hanya pembangunan fisik yang akan kami bangun,akan  tetapi pembangunan karakter juga akan kami lakukan, ini adalah salah satu pendidikan karakter,” tuturnya.

Dengan Gebyar alqur,an ini kata Bambang, diharapkan siswa SD sudah bisa menghafal 22 surat dalam juz amam sedangkan siswa SMP 15 surat. Ya. diharapkan siswa SMP  dan MTs itu sudah bisa menghafal juz 30. Jika di SD siswa sudah bisa menghafal juz 30, maka di SMP tinggal ditambahi dengan menghafal surat surat yang lebih panjang, seperti surat Yasin dan Waqi,ah dan surat Ar-rahman. Dan surat –surat panjang lainnya. Dan menghafal al-qur’an ini kami masukkan kegiatan ekstrakurikuler, bisa  masuk ke muatan lokal wajib  dan bisa masuk ke pendidikan agama,” pungkasnya.(hib/shb)