Bupati Bangkalan Bakal Prioritaskan Percepatan Pembangunan Kualitas SDM Dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dasar Yang Merata Pada Tahun 2020

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Bangkalan, Drs Mohammad Fahri, Msi saat menyampaikan sambutan

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron akan memprioritaskan pembangunan kualitas SDM Dan pembangunan infrastruktur serta 4 hal penting yang akan dilakukan pada tahun 2020. “Rancangan prioritas pembangunan tahun 2020 akan dilakukan sesuai dengan Visi Dan Misi Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tahun 2018 – 2023 yakni terwujudnya masyarakat kabupaten Bangkalan yang religius dan sejahtera berbasis potensi lokal,” kata Wakil Bupati Bangkalan, Moh Mohni saat melakukan pemaparan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD kabupaten Bangkalan tahun 2020, di Gedung Pertemuan Ratoh Ebuh, Rabu (20/03/2019).

Dijelaskan dia, sedangkan misi-nya adalah mewujudkan kehidupan beragama berkualitas, menyelenggarakan birokrasi yang profesional dan berintegritas tinggi, menyelenggarakan pelayanan dasar berkualitas dan tata kelola pemanfaatan potensi ekonomi, sosial dan budaya lokal untuk meningkatkan daya saing daerah, mewujudkan rasa aman dan adil pada masyarakat dan akselerasi pembangunan infrastruktur yang  berbasis pada pemerataan wilayah dan berwawasan lingkungan dalam mendorong iklim investasi. “Visi dan Misi kami ini yang akan diwujudkan pada tahun 2020 nanti,” jelas Mohni.

Makanya kata Mohni, untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, ada beberapa rancangan prioritas pembangunan tahun 2020 antara lain; pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat, pemerataan pembangunan infrastruktur pelayanan publik dasar dan keterjangkauan wilayah serta mitigasi bencana.

Prioritas pembangunan lainnya kata Mohni, peningkatan potensi ekonomi kerakyatan dan pengentasan kemisiknan melalui pemberdayaan masyarakat dan perluasan kesempatan kerja; peningkatan investasi melalui kemudahan dan kepastian dalam pelayanan perijinan, peningkatan produktivitas pertanian dalam arti Luas, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Pelestarian Lingkungan Hidup; serta perwujudan pemerintahan yang bermartabat, pelayanan masyarakat dan stabilitas ketertiban dan keamanan melalui perbaikan dan Peningkatan penyelenggaraan pelayanan publik dasar

Para Peserta Musrenbang saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

 

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Bangkalan, Drs Mohammad Fahri, Msi  menjelaskan, pelaksanaan pembangunan yang baik haruslah dimulai dari perencanaan yang baik pula. “Forum Musrenbang ini termasuk proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kegiatan penjabaran Rencana pembangunan jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dan Musrenbang ini Untuk mengoptimalkan proses rencana pembangunan daerah,” katanya.

Dikatakan Fahri, tujuan dari Musrenbang ini untuk mendapatkan masukan untuk menyusun RKPD 2020 kabupaten Bangkalan yang merinci kegiatan prioritas pembangunan, plafon atau pagu dana indikatif sebagai dasar memuktahirkan kebijakan anggaran “Ya hasil yang diharapkan, adanya penyempurnaan rancangan RKPD tahun 2020,” pungkasnya. (adv/hib).