Bupati Bangkalan Lantik Kadis PRKP Ishak Sudibyo Sebagai Plt Sekda

Bupati Bangkala, R Abd Latif Amin saat melantik Plt Sekda Bangkalan, Ishak Sudibyo

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk mengisi kekosongan  pejabat Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten bangkalan, setelah Pj Sekda, Setiabudi pensiun, Bupati Bangkalan, R Abd Latif Amin Imron menunjuk Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Ishak Sudibyo sebagai Plt Sekda Bangkalan. “Pak Ishak Sudibyo ini ditunjuk sebagai plt Sekda untuk mengisi kekosongan, setelah Pj sekda pak Budi pensiun pada tanggal 1 April,” kata Ra Latif sapaan akrabnya bupati bangkalan,usai melantik Plt Sekda Ishak Sudibyo, di Aula Diponegoro, Kamis (02/04/2020).

Kenapa Masih melantik Plt Sekda ? kata Ra Latif, sebab pemkab bangkalan belum menerima surat rekomendasi terkait tiga orang nama yang sudah lulus Seleksi Sekda Bangkalan.” Jadi kita tunjuk Plt Sekda, kenapa ?  karena surat yang kita kirim ke Komisi ASN belum ada balasan, sehingga 3 orang  yang sudah selesai seleksi Sekda, sampai saat ini belum bisa ditentukan karena menunggu surat dari Komisi ASN itu, nah  untuk mengisi kekosongan Sekda ini kami mengajukan surat ke gubernur Jatim  untuk plt Sekda,” jelas Ra Latif.

Dijelaskan Ra Latif, Ishak sudibyo dilantik sebagai Plt Sekda Bangkalan sambil menunggu surat rekomendasi dari Komisi ASN turun. “Setelah itu kita ajukan kembali surat ke Komisi ASN sampai  nantinya  terpilih sekda definitif. Karena saat ini dengan adanya pandemi virus Corona Covid-19 ini petugas di komisi ASN bekerja dari rumah masing-masing, namun kita tetap berupaya secepat mungkin untuk mendapat kabar terkait 3 nama Sekdayang selesai seleksi,” terangnya..

Ditambahkan Ra Latif, meskipun telah dilantik sebagai plt Sekda, namun Yoyok panggilan akrabnya Ishak Sudbyo jabatan defenitif-nya tetap sebagai Kadis PUPR. “Jabatan Definitif-nya pak Yoyok tetap di Dinas PUPR ya menjabat dua, untuk BKD  sendiri di Plt-kan kepada  Pak Nono, sedanhgkan Dinsos di Plt-kan ke pak Siswo,”tuturnya..

Bupati bangkalan  mengharapkan agar Plt Sekda bangkalan yang baru dilantik segera melaksanakan tugas-tugasnya.  “Ya tugasnya pak Sekda ini mengawasi program-program yang  sudah kita rencanakan agar supaya bisa berjalan dengan baik, terutama dengan kondisi saat ini dalam penanganan  covid 19, perannya Sekda sangat penting, walaupun saya sebagai ketua Gugus Tugas Covid-19,” katanya.

Sementara itu, Plt Sekda Bangkalan,ishak Sudibyo  mengakui tugasnya sebagai Plt sekda sangat berat. “Memang  jabatan  sekda ini cukup berat tugasnya  baik dalam kondisi biasa apalagi dalam kondisi seperti saat ini yang perlu  adanya penanganan khusus terhadap  covid 19. Oleh karena itu akan dilakukan beberapa pemakaian anggaran yang tidak efisien. pergeseran kegiatan yang kurang penting, sehingga anggaranya bisa dialokasikan untuk penanganan covid 19,” kata Yoyok sapaan akrabnya Plt Sekda Bangkalan ini.

ditambahkan Yoyok, adanya beberapa ketentuan dari pemerintah yang tidak boleh ada beberapa kegiatan serta pergeseran kegiatan yang dilakukan dirumah saat ini sangat berpengaruh kepada mekanisme dalam pemerintahan, tapi saya yakin tidak akan mengurangi fungsi pemerintah dalam melayani masyarakat,” pungkasnya. (hib/shb).