HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bupati Bangkalan minta, Penerima Bantuan Ayam Joper Tidak Habiskan Induknya

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron saat menyerahkan paket bantuan di desa Jambu

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron meminta agar masyarakat penerima bantuan ayam Jowo Super (Joper) tidak menghabiskan indukannya. “Saya minta kepada penerima bantuan agar supaya ternak ayam ini berkelanjutan, jangan habiskan indukannya,” kata Bupati Bangkalan yang akrab dipanggil dipanggil Ra Latif disela-sela acara penyerahan bantuan ayam, pakan dan obatan-obatan program bekerja(bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) di desa Jambuh kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan, Kamis (10/10/2019).

Sebab kata Ra Latif, apabila indukannnya dihabiskan, maka program bantuan ayam Joper ini tidak bisa berkembang dengan baik. “Kalau ayam Joper ini berkembang dengan baik, maka masyarakat penerima bantuan akan dapat menjual hasil ternaknya untuk kebutuhan hidup lainnya,” jelasnya.

Dalam program  bantuan ayam ini kata Ra Latif, pemerintah telah menyiapkan pakan dan obat-obatan untuk melengkapi kebutuhan masyarakat penerima bantuan selama masa pemeliharaan ayam, agar penerima tidak merasa terbebani selama masa awal awal pemeliharaan sampai dengan produksi.

Orang nomer satu di jajaran pemkab bangkalan ini mengharapkan, bantuan ayam joper ini dapat benar benar diambil manfaatnya oleh masyarakat dn dapat terus dijaga kelestariannya. “Saya harap ternak ayam joper ini daat berkembang dengan baik sehingga kebutuhan sehari-hari keluarga miskin berbasis pertanian ini dapat teratasi, dan pada akhirnya kabupaten bangkalan bisa menurunkan jumlah rumah tangga miskin yang masih relatif besar per hari ini,” terangnya.

Kabid Pelayanan Tehnis BPIB Singosari, Suharyanta menjelaskan,  penyerahan paket bantuan ayam Joker secara simbolis oleh Bupati Bangkalan ini merupakan tahun kedua dari Kementerian Pertanian. “Pada tahun kedua ini Kementrian Pertanian telah mendistribusikan 18 juta ayam untuk 23 Propinsi di Indonesia,” kata Suharyanta.

Dijelaskan Suharyanta, untuk penetapan lokasi pendistribusian Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) merupakan keputusan Kementrian. “Dalam Program ini setiap RTMP mendapatkan 50 ekor ayam  dan 150 kg pakan dan paket obat-obatan,” pungkas Suharyanta

Sementara itu, Kades Jambu Salom mengaku senang warganya dapat bantuan ayam Joper. dirinya berjanji akan terus melakukan pemantuan terhadap warganya yang menerima bantuan ayam Joper tersebut. “Saya akan memantau warga saya yang telah menerima bantuan ayam Joper ini, saya berpesan kepada warga yang menerma bantuan ini kalau ada yang mati difoto dan segera melapor kepada saya,” pungkas Salom. (hib/shb).