Bupati Bangkalan Serahkan Dana Hibah dan Bansos

Bupati Bangkalan, RK Muhammad makmun Ibnu Fuad saat menyerahkan bantuan secara simbolis
Bupati Bangkalan, RK Muhammad makmun Ibnu Fuad saat menyerahkan bantuan secara simbolis

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– untuk mempercepat pertumbuhan pendidikan non formal di kabupaten bangkalan, Madura, jawa Timur, Bupati bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad menmberikan bantuan dana hibah dan Bansos kepada lembaga pendidikan Madrasah dan pondok pesantren di kabupaten bangkalan. “Dana hibah dan Bansos tahuun 2015 ini merupakn program pemkab Bangkalan untuk mempercepat pendidikan non formal,” Kata  Bupati yang akrab disapa Ra Momon dalam acara Sosialisasi dan penandatangan Naskah perjanjian Hibah Daerah (NPHD)  bagi Pengasuh Ponpes, pengurus Masjid, Majelis Taklim  dan guru Madrasah di  pendopo Agung, Selasa (16/06/2015).

Dijelaskan Ra Momon,  adanya sosialisasi NPHD ini diharapkan bisa meningkatkan peran para pengasuh ponpes dan kepala madrasah untuk meningkatkan pendidikan. “NPH ini merupakan bentuk tangung jawab atas  penerima dan pemberi bantuan yang telah atur dalam pemendagri, yang mengatur masalah hibah dan bantuan melalui dana APBD,” jelasnya

Lebih lanjut Ra Momon menjelaskan, dalam masalah dana hibah dan bansos ini, pemkab hanya bisa memberikan dana hibah kepada masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, setelah pemkab memenuhi belanja wajib dan untuk memenuhi rasa keadilan, maka yang lembaga bisa menerima bantuan ini adalah lembaga yang memiliki identitas dan bedomisili di bangkalan. “Untuk tahun 2015 ini pemkab bangkalan memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp  4,7  Milyar lebih  untuk 140 lembaga, makanya dana hibah ini harus ada laporan penggunaan hibah dan pertangung jawabannya,” kata Ra Momon.

Sementara itu, Kabag Kesra setkab Bangkalan, Abd Mukti menjelaskan, dana hiba ini nantinya akan diberikan langsung ke  lembaga penerima melalui rekening. “Kalau persyaratannya sudah lengkap langsung bisa dicairkan melalui rekening,” pungkas Abd, Mukti. (hib/shb).