Bupati Minta Usulan Kepala Desa Didahulukan

 

Bupati bangkalan saat membuka acara Musrenbang

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Bupati bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad meminta agar supaya Satuan perangkat kerja Daerah (SKPD) memprioritaskan usulan pembangunan dari Kepada desa. “Usulan kegiatan. dari kepala desa supaya bisa didahulukan, seperti pembangunan jalan desa yang rusak parah, jembatan, plengsengan, dalam Musrenbang RKPD Tahun 2018 ini kita menggunkaan skala prioritas,” kata Ra Momon panggilan akrabnya Bupati bangkalan saat membuka acara  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tahun 2018  di gedung Ratoh Ebuh, Kamis (30/3/2017).

dikatakan Ra Momon, rencana pembangunan di kabupaten bangkalan di awali dengan usulan-usulan dari masyarakat mulai dari tingkat desa, seperti Kepala Desa, tokoh masyarakat dan LSM.”Jadi semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan, maka semakin tinggi pula tingkat pembangunan yang dicapai,” jelasnya.

Lebih lanjut Ra Momon menjelaskan, perencanaan partisipatif merupakan komponen penting dalam perencanaan pembangunan daerah. “Perencanaan Partisipasif ini berfungsi untuk melengkapi, bahkan menyempurnakan perencanaan politis dan perencanaan tehknokratis,” paparnya.

Ra Momon meminta agara supaya semua elemen masyarakat, bisa berdiskusi bagaimana perencanaan pembangunan tahun 2018 di kabupaten bangkalan bagus termasuk bagaimana sektor pariwisata juga bagus. “kit ajug aharus pikirkan dan rencanakan bagaimana pariwata bisa bagus dan maju serta bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Sementara itu Kepala Bappeda Bangkalan, Moh Fahri, mengatakan, maksud dilaksanakan Musrenbang ini untuk membanguna kesamaan presepsi. sedangkan tujuannya untuk memperoleh masukan dalam menyusun RKPD kabupaten Bangkalan.

Dikatakan Moh Fahri, pelaksanaan musrenbang RKPD kabupaten Bangkalan ini akan dilaksanakan selama 2. “Acara ini kita gelar mulai hariini tanggal 30 Maret hingga tanggal 31 Maret,” pungkas Fahri. (hib/shb)

iklan 100x100