Bupati Pamekasan Resmikan TPA Dengan Sistem Sanitary Landfill

Bupati saat meresmikan TPA

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Bupati Pamekasan, Achmad Syafii meresmikan pengoperasian pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah dengan sistem Sanitary Landfill di TPA Angsanah, Desa Angsanah, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Rabu, (22/2/2017).

Hadir dalam acara peresmian TPA itu antara lain; Kasubdit Persampahan, Kementerian PU Ciptakarya RI, Muhammad Sundoro, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan, seluruh Kepala SKPD, dan para perwakilan kelompok peduli lingkungan di Pamekasan.

Dalam sambutannya, Bupati Pamekasan menyatakan selama ini pengelolaan sampah di TPA Angsanah masih belum ramah lingkungan, namun dengan sistem sanitary landfill sampah tidak aman untuk lingkungan.

“Dengan diresmikan pengelolaan sampah dengan sistem yang ramah lingkungan ini, semoga penghargaan Adipura yang dua tahun terakhir gagal diraih, tahun ini bisa kembali diperoleh, meski itu bukanlah tujuan utama,” kata Bupati Syafii.

Di tambahkan mantan anggita DR RI itu, dengan sanitary landfill, tanah, air, dan udara di sekitar TPA tidak lagi tercemari akibat sampah. Tentu pengoperasian ini butuh keterlibatan kelompok-kelompok sebagai bank sampah, sehingga sampah plastik tidak selalu masuk TPA. “DLH (Dinas Lingkungan Hidup) sudah kerja sama dengan kelompok-kelompok untuk proses pemilahan sampah ini. Jadi, ke depan pengoperasian sistem ini bisa optimal,” pungkasnya.(rhm/shb)

iklan 100x100