Bupati Pamekasan Terus Pantau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA dan MA

.

bupati pamekasan saat sidak UNBK

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Bupati Pamekasan, Achmad Syafii melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada sejumlah lembaga pendidikan tingkat sekolah menengah atas (SMA) dan yang sederajat pada pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), Selasa (11/4/2017).

Dikatakan Syafii, pihaknya sangat mengapresiasi kepada sejumlah lembaga pendidikan karena telah sukses melaksanakan UNBK sesuai dengan cita-cita pemerintah pusat. Hal itu tidak lepas dari kerja keras pengelola pendidikan itu sendiri.

“Secara umum pelaksanaan UNBK lancar, hanya saja di MAN 2 ini servernya gangguan, jadi nanti jamnya akan digeser. Anak yang ikut sesi pertama akan mengikuti di sesi terakhir. Itu saja, yang lain tidak ada masalah, tetap lancar, ” ungkapnya.

Mantan anggota DPR RI ini menambahkan, tahun ini ada 15 Madrasah Aliyah (MA) yang telah melaksanakan UNBK dari 97 MA. Tentu, kondisi tersebut harus diapresiasi oleh semua kalangan. “Mudah-mudahan dengan UNBK ini anak anak tidak bisa berbuat aneh-aneh lagi. Ini tentu menjadi dorongan dan tantangan bagi siswa untuk belajar sungguh-sungguh. Tidak ada pandangan lagi kalau ujian dikasih tahu dan lain sebagainya, ” tambah dia.

Orang nomor satu di bumi Gerbang Salam ini melakukan sidak UNBK ke sejumlah lembaga pendidikan, diantaranya SMA Wahid Hasyim, MAN 1 dan MAN 2 Pamekasan.

Bupati pamekasan mengakui bahwa masih banyak sekolah swasta yang masih melakukan UN berbasis kertas dan dirinya menargetkan, tahun depan sekolah sudah UNBK semua. “Kami target tahun depan sudah UNBK semua Negeri atau swasta,” tambahnya.

Karena, urai mantan Angota DPR RI itu, dengan UNBK siswa sangat minim sekali kemungkinan untuk curang. “UNBK ini sangat efektif, memberi pelajaran kejujuran pada siswa siswa, karena UNBK soalnya tidak sama sehingga tidak bisa mencontek,” pungkasnya.(rhm/shb)