HEADLINEMEDURREH ONGGUPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Bupati Se-Madura Sepakat Madura Jadi Propinsi

tokoh Madura saat berkumpul di pendopo Pamekasan
tokoh Madura saat berkumpul di pendopo Pamekasan

 

Pamekasan, maduranewsmedia.com– setelah melalui proses panjang ,akhirya pada senin siang empat bupati di madura mengadakan pertemuan tertutup di peringgitan dalam pendopo agung ronggo sukowati pamekasan ,dan hasilnya ke empat bupati tersebut sepakat , madura di jadikan propinsi, sehingga dalam waktu dekat panitia nasional akan melakukan langkah kongkrit untuk menyakinkan pemerintah pusat.senin (3/10/2016).

Petermuan yang berlangsung tertutup tersebut, dihadiri bupati pamekasan , Achmad Syafii, Bupati Sumenep, KH  Abuya  Busyro Karim, Wakil Bupati Bangkalan, Mondir A Rofi’i, Asisten III sekkab Sampang,  Rohim Mawardi , sejumlah anggota DPRD pamekasan, serta beberapa ulama dari empat kabupaten di madura.

Dari hasil pertemun kali ini, di sepakati panitia nasional, atas nama bupati Se- Madura ini untuk mengajukan yudisial review ke Mahkamah Konstitusi (MK), dikarenakan  selama ini peraturanya jika ingin membentuk sebuah provinsi sedikitnya harus terdiri dari 5 atau enam kabupaten, sementara di Madura hanya terdiri dari empat kabupaten , yakni kabupaten bangkalan,sampang pamekasan dan sumenep .

Bupati Sumenep KH Abuya  Busyro Karim  mewakili empat bupati Se-Madura menjelaskan adapun alasan mereka melakukan langkah yudisial review ke MK, agar proses pembentukan provinsi Madura lebih cepat, dibanding harus melakukan pemekaran di salah satu kabupaten yang ada.

“Kendati jika langkah yudisial review ini tidak membuahkan hasil, maka sesuai dengan komitmen empat bupati Se-Madura, jika harus melakukan pemekaran wilayah atau  mau tidak mau mereka sama sama siap untuk melakukan,agar suapaya pembentukan provinsi madura segera terwujud,” kata Bupati sumenep, KH  Abuya  Busyro Karim.

Ketua Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Propinsi Madura (PNP3M), Ahmad Zaini ,mengatakan hari ini  akan menjadi  hari penting jika provinsi madura terbentuk nantinya , sebab hasil dari pertemuan tersebut, semua kabupaten di Madura sepakat dan berkomitmen untuk membentuk provinsi madura .

“Kesepakatan itu disambut gembira oleh PNP3M yang selama ini berjuang untuk menyatukan pandangan kepala daerah di madura untuk terbentuknya provinsi madura,” pungkas Ahmad Zaini. (rhm/shb)