HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Calon Mahasiswa Baru STAIDHI Dibekali TIK  Google Classroom sebagai Pengaplikasian Pembelajaran E-Learning

KH. Busthomi Arisandhi, SH MH saat menyampaikan materi

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Kegiatan Hari Ketiga Pekan Orientasi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah (PORMADHI) diisi dengan Materi pengenalan TIK dan Google Classroom, “Materi ini ditujukan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada para Calon Mahasiswa-Mahasiswi untuk Mengaplikasikan Sistem Pembelajaran E-Learning lewat Google Classroom” tutur Ketua Pelaksana PORMADHI Febri Hidayat setelah berakhirnya materi Familiarisasi TIK dan Google Classroom pada hari Senin (21/08/2017)

Sementara itu Ketua BEM STAIDHI, Mohammad Ainul Hakim mengatakan, kegiatan pengenalan dan pemahaman Google Classroom adalah sebagai bentuk pelaksanaan E-Learning yang ada di STAIDHI. Tujuannya,  untuk memberikan pengenalan kepada para Calon Mahasiswa-Mahasiswi bahwa STAIDHI yang bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah juga bisa menerapkan dan mengaplikasikan E-Learning walaupun berafiliasi di Pondok Pesantren, bahkan Google Classroom yang sudah di aplikasikan sejak Tahun 2015 ini merupakan bentuk E-Learning pertama yang dilaksanakan secara serentak dan terorganisir di  Perguruan Tinggi yang ada di Madura.

Dikatakan Ainul Hakim, yang menjadi nara sumber adalah Ketua STAIDHI KH. Busthomi Arisandhi, SH MH. “Beliau (KH Busthomi Red) sendirilah yang merupakan pemrakarsa adanya pembelajaran E-Learning lewat Google Classroom yang dapat beliau buktikan dengan sudah disediakannya 5000 email @darul-hikmah.com yang memiliki akses penyimpanan data tak terbatas di Google Drive dan juga sebagai e-mail resmi bagi seluruh Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIDHI),” jelasnya..

Ditambahkan Ainul Hakim, Materi yang sampainya oleh KH Busthomi mencakup tentang Pengenalan Google Classrom, Pembuatan e-mail @darul-hikmah.com bagi segenap calon mahasiswa-mahasiswi, pengenalan terhadap hal-hal yang berbau dengan Teknologi dan Informasi yang berhubungan dengan Pendidikan dan Ekonomi, dan juga pengaplikasian Google Classroom sebagai metode pembelajaran e-learning bagi segenap para calon Mahasiswa-Mahasiswi.

Salah seorang calon Mahasiswa STAIDHI, Amrullah mengaku pembelajaran e-learning sanga bermanfaat. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, dan saya baru tahu ternyata bukan hanya lewat e-mail saja kita bisa belajar dan mengirim hasil tugas kepada guru kita, Google Classroom ini membuat Pembelajaran jarak jauh lebih terorganisir, lebih seru, dan rahasia keamananpun terjamin.” Kata Amrullah, salah satu Calon Mahasiswa yang berasal dari Desa Buddan, Bangkalan. (hms/shb)