HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Cegah Penularan Covid-19 Dikalangan Pedagang, Kapas Blega Woro-woro Prokes dan Bagi Bagi Masker

Kepala Pasar Blega M Romli saat membagi-bagikan masker kepada Pedagang

Bangkalan,maduranewsmeda.com- Untuk mencegah penularan Covid-19 di kalangan pedagang pasar tradisional, Kepala Pasar Blega kecamatan Blega kabupaten Bangkalan beserta staf setiap hari melakukan woro-woro terkait protokol kesehatan (prokes) dan membagi-bagikan masker kepada para pedagang. woro-woro prokes itu dilakukan secara massif lebih lebih pada hari pasaran. “Kalau hari Senin seperti sekarang hari pasaran, selain kepada pedagang palawija, woro-woro prokes kita lakukan kepada pedagang pasar hewan,” kata Kepala Pasar Blega, M Romli, Senin (02.08/2021).

Selain woro-wro, para pedagang baik pedagang palawija maupun pedagang hewan yang tidak memakai masker langsung diberikan masker. “Kalau ada pedagang yang lupa bawa masker kita langsung berikan masker, kegaiatn ini kmai lakukan sudah lama llebih-lebih pada masa pemberlakukan PPKM,” jelas Romli.

Mantan kepala pasar Modung menjelaskan, woro-woro terkait prokes dan pembagian masker ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di kalangan pedagang. “Kita tidak ingin muncul kluster di kalangan pedagang, makanya kita lakukan antisipasi dengan woro-woro prokes dan pembagian masker ini,” terangnya.

Saat ini kata Romli, para pedagang mulai sadar akan pentingnya menerapkan prokes pada saat berjualan di pasar. “Ya setelah kita lakukan sosialisasi prkes secara massif, Alhamdulillah banyak pedagang yang sudah terbiasa memakai masker,” terangnya.

Kepala Pasar Blega ini mengharapkan dengan adanya woro-woro prokes setipa hari, kesadaran para pedagang di pasar Blega terkait prokes terus meningkat. “Ya harap para pedagang ini terus mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Jumilah salah seorang pedagang palawija di pasar Blega mengaku bersyukur bisa mendapatkan masker secara Cuma-Cuma. “Alhamdulillah kalau kita lupa masker, kita tinggal minta ke kantor pasar, dan ini kami diberi masker gratis” pungkasnya. (min/shb)