Cek Kelayakan Angkutan Lebaran, Dishub Terjunkan Srikandi Ke Terminal

 

Srikandi Dishub Bangkalan saat mengecek angkutan Lebaran
Srikandi Dishub Bangkalan saat mengecek angkutan Lebaran

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Untuk memberikan suasana yang sejuk pada bulan suci romadhan ini, Dishubkominfo kabupaten Bangkalan menerjukan 1 regu lalin perempuan untuk melakukan pengecekan angkutan lebaran tahun 2015. Beigtu tiba di terminal kota Bangkalan, Srikandi Dishub tersebut langsung menghentikan satu persatu angkutan umum yang masuk ke terminal. “Selamat Siang bapak, boleh lihat surat-suratnya,” kata Esty Wulandari kepada Supir bus AKAP saat operasi di terminal Kota Bangkalan, Rabu (01/07/2015).

Kadishubkominfo kabupaten Bangkalan, Abd Hamed menjelaskan, pengecekan angkutan lebaran tahun 2015 ini untuk menindak lanjuti intruksi dari Menteri Perhubungan RI. “Kegiatan ini kami lakukan untuk menindak lanjuti intruksi dari Pak Menteri untuk mengecek kesiapan angkutan lebaran,” jelas Abd Hamed.

Dijelaskan dia, pengecekan angkutan lebaran itu dilakukan kepada semua trayek yang ada di kabupaten Bangkalan. “Semua trayek kita cek, baik trakyek angkutan pedesaan, mapun perkotaan, Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) dan bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP),” terangnya.

Dalam pengecekan yang dilakukan di terminal kota Bangkalan itu, petugas dari Dishubkominfo belum menemukan angkutan yang tidak laik jalan. “Kita Belum menemukan adanya kendaraan yang tidak laik, dan operasi pengecekan seperti ini akan kita lakukan terus menerus karena kita ingin memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyrakat,” tutur Abd hamed.

Dengan dilakukan pemantauan angkutan lebaran tersebut, dia mengharapkan, angkutan yang akan mengangkut penumpang arus mudik dan arus balik dalam kondisi baik dan laik jalan. “Pemantauan ini sifatnya prefentif, jika dalam pemantauan yang bersifat prefentif ini masih ada yang melakukan pelanggaran, maka kami akan mengambil tindakan tegas,” kata Abd Hamed.

Ditambahkan dia, dalam pemantauan yang dilakuakn itu, pihaknya sengaja menerjukan personel lalin perempuan, hal itu dilakukan untuk menciptakan suasan sejuk di bulan suci Romadhan. “Untuk pemantaun trayrk ini kita terjunkan 2 pleton atau 60 orang dan 1 regu lalin perempuan untuk titik operasinya kita fokus di terminal kota Bangkalan, dan nanti menjelang H-15 hingga H+ 9  kita bersama-sama aparat kepolisian akan melakukan operasi pada titik yang ditentukan,” pungkasnya.(hib/shb)