TERKINI

Cluster Pelayaran Kembali Positif Terpapar Virus Corona, Warga Perum Griya Abadi ini Jadi Pasien Ke-19

peta penyebaran Covid-19 di Jatim

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Satu lagi warga kabupaten bangkalan yang berprofesi sebagai pelaut Positif Terpapar Virus Corona. Dia adalah Tn.SP (40) warga Perum Griya Abadi Desa Bilaporah kecamatan Socah kabupaten Bangkalan seorang pelaut yang baru tiba di Bangkalan pada tanggal 13 April 2020. “Tn SP hari ini, Jumat 8 Mei 2020 telah terkonfirmasi pasien ke-19positif terpapar Covid-19,” kata humas gugus tugas covid-19 kabupaten Bangkalan, Agus Zain, Jum,at (08/05/2020).

Dikatakan dia, pada saat dikunjungi petugas surveillance pada tanggal 18 April 2020 di rumahnya  Tn.SP tidak mengalami keluhan bahkan suhu tubuhnya 36,5 C. Sepuluh hari kemudian tepatnya tanggal 28 April 2020 dilakukan rapid tes dengan hasil positif. Pada hari itu juga siangnya dilakukan pemeriksaan Swab/PCR di RSUD Syamrabu Bangkalan dilanjutkan dengan isolasi ke Balai Diklat. “Hari ini hasil pemeriksaan Swab/PCR dari BBTKL-PP Surabaya keluar dengan status  positif, dan .malam ini juga pukul 19.30 WIB pasien Tn SP dirujuk  ke RSUD Syamrabu Bangkalan,” jelas Agus sapaan akrabnya. humas gugus tugas covid-19 kabupaten Bangkalan.

Dijelaskan dia, dengan adanya kasus cluster pelayaran ini, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan meminta peran aktif masyarakat khususnya dari keluarga yang memiliki anggota pelayaran supaya konsisten dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Yang bersangkutan. “Kita harapkan kesadarannya untuk mematuhi aturan terutama menjaga kontak langsung yang menyebabkan terjadinya penularan kepada keluarga dan orang-orang sekitarnya,” terang Agus.

Selain itu kata Agus, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bangkalan juga menginstruksikan kepada Satgas Kecamatan maupun Satgas Desa/Kelurahan agar bahu-membahu bersama relawan yang ada di lingkungan masing-masing untuk memberikan prioritas penanganan  khususnya dalam melakukan tracing terhadap cluster pelayaran ini. Hal ini dilakukan  agar penularan virus corona ini tidak terus menerus meluas. “Kita semua berharap wabah  ini segera berakhir agar kita segera kembali beraktifitas normal seperti sebelumnya,” tuturnya.

Ditambahkan Agus, para pelayaran yang berdatangan dalam sebulan terakhir telah membuat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Bangkalan bekerja keras. Terutama petugas surveillance yang harus bekerja ekstra hati-hati dalam melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19. (hib/shb).