Dalam Masa Darurat Covid-19, Disdik Bangkalan Gelar US Dan UAS SMP Dengan Sistem  Daring

Kasi kurikulum dan penilaian SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Risman Iriyanto

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Dalam masa darurat penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19), Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan menganjurkan agar Ujian Sekolah (US) dan Ujian akhir semester (UAS) digelar dengan sistem Daring. “Sesuai dengan surat edaran Kemendikbud No 4 tahun 2020 tentang kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona (Covid-19), tidak boleh lagi ujian sekolah atau ujian akhir semester dengan mengumpulkan siswa,” kata Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Drs Bambang Budi Mustika melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP, Risman Iriyanto, Rabu (08/04/2020).

Jika sekolah mau mengadakan US dan UAS kata Risman Iriyanto, maka dalam menggelar US dan UAS itu harus dengan sistem daring. “Dalam SE Kemendikbud No 4 semuanya sudah diatur,  mulai dari pembelajaran, penilaian, termasuk ujian dan kelulusan siswa,” jelas Risman sapaan akrabnya Kasis Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan ini.

Memang kata Risman, tidak semua sekolah SMP  melaksanakan US dan UAS dengan sistem online. “Kalau memang sekolah tidak bisa menyelenggarakan US dan UAS dengan sistem daring, ya nilainya diganti dengan (portofolio). Portofolio ini adalah kumpulan prestasi siswa, ada nilai ulangan harian, termasuk penilaian sikap. Jadi Portofolio ini kumpulan prestasi hasil belajar siswa dalam satu tahun atau dalam satu semester dan  ini sudah cukup sesuai dengan surat edaran menteri, tidak usah US atau UAS,” terangnya.

Dijelaskan Risman, sementara untuk memantau pelaksanaan belajar dalam masa darurat covid-19 ini, Disdik bangkalan melakukan pemantauan melalui kusioner online. “Dalam melakukan pemantauan kita juga menggunakan sistem online juga, yaitu melalui kusioner online,” tuturnya.

Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Bangkalan ini mengharapkan, pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam  masa darurat penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19) dilingkungan Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan tetap berlangsung. (hib/shb)