Danrem 084/Bhaskara Jaya Hadiri TMMD Ke 98 Di Desa Bragang

Bupati bangkalan saat memeriksa pasukan dalam upacara pembukaan TMMD

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com-Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Czi  Denny Herman, menghadiri acara Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun desa (TMMD) ke 98 di desa Bragang kecamatan Klampis kabupaten bangkalan. bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad.

usai memimpin Upacara pembukaan TMMD, Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad sangat berterima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0829/Bangkalan yang telah memilih Desa Bragang Kecamatan Klampis sebagai tempat kegiatan  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). “TMMD ini sangat membantu kami dalam mempercepat pembangunan fisik, di desa Bragang, desa ini  merupakan salah satu desa yang tertinggal di kabupaten Bangkalan, TMMD ditempat di sini agar Desa Bragang tidak ketinggalan dengan desa desa lainnya,” kata Ra Momon panggilan akrabnya disela-sela acara Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun desa (TMMD) Ke 98 Tahun 2017 di desa Bragang kecamatan Klampis, Rabu (5/4/2017).

Dikatakan dia, TMMD ini mempunyai arti yang staregis didalam menumbuhkan nilai nila bangsa dan rasa kebersamaan dalam. membanguna negara RI. “Makanya kami berharap setelah kegiatan TMMD ini selesai, Desa Brangang sudah tidak lagi menjadi desa tertinggal,” katanya.

Sementara itu Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Czi  Denny Herman, Kegiatan TMMD ini sudah lama berlangsung. “Ketika saya lihat kegiatan TMMD ini sudah 98 kali sejak dari awal, ada satu hal yang kita pertahankan adalah budaya gotong royong, dan budaya ini tidak boleh punah,” kata Denny Herman.

Oleh sebab itu lanjut Denny Herman, kegiatan dalam TMMD ini selalu melibatkan semua elemen masyrakat. “Jadi dalam kegiatan TTMD ini  sasaranya-pun kita upayakan dala satu sasaran bisa yang melibatkan semua elemen masyarakat untuk bisa bekerja, ya  pada akhirnya kegiatan TMMD ini bisa membantu pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Sedangkan Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf. Sunardi Istanto menjelaskan, kegiatan TMMD ini adalah program sinerji beberapa Kementrian dengan TNI yang ditindak lanjuti dengan Kodim dan pemeritah daerah. “Pada tahun 2016 sudah kegiatan TMMD sudah kita rencana, usulan dari bawah ke atas, dan sasaran TMMD di dearah terpencil serta sasarannya langsung menyentuh kepada langsung menyentuh kepetingan masyarakat, terutama daerah yang tidak terjangkau oleh pembangunan pemerintah daerah,” jelas Sunardi Istanto.

Dijelaskan Sunardi dalam setiap kegiatan TMMD seperti pembangunan jalan desa, pembangunan MCK dikerjakan dengan car agotongroyong bersama-sama berbagai elemen masyarakat. “dalam kegiatan proyek fisik maupun non fisik kita selalu melibatkan semua elemen masyarakat,” katanya.

Ditambahkan Sunardi Istanto, dalam kegiatan TMMD di desa Bragang ini ada 9 proyek fisik dan ada 12 kegiatan proyek non fisik. “Salah satu kegaiatan proyek non fisik itu adalah nikah massal yang akan di laksanakan nati pada tanggal 20 April,” tuturnya.

Sedangkan Kades Brangang,  Busiri, mengaku senang desanya ditemapati kegiatan TMMD ini. “Kami berharap adany akeiatan TMMD ini bisa membantu masyrakat kami yang selam ini sangat kesulitan air bersih,” pungkasnya. (hib/shb)