Desa Banyu Sangkah, Desa  Penghasil Ikan Terbesar di Kabupaten Bangkalan

para isteri nelayan saat menjual ikan

para isteri nelayan saat menjual ikan

Bangkalan,Maduranewsmedia.com- Desa Banyu Sangkah Kecamatan Tanjungbumi kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur merupakan satu-satunya desa penghasil Ikan terbesar di kabupaten yang ada di ujung barat pulau Madura ini. Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 4 ribu jiwa ini 95 persen penduduknya berprofesi sebagai nelayan. “Ibu-ibunya menjual ikan di pasar, sementara para bapak-bapaknya pergi ke laut mencari ikan, pokoknya 95 persen penduduk kami ini nelayan,” terang Kepala Desa Banyu Sangkah, Abd Syukur.

Karena merupakan satu-satunya desa penghasil ikan terbesar,  maka desa Banyu sangkah juga merupakan satu satunya desa yang ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD kabupaten Bangkalan. “Ya kontribusi desa kami itu sebesar Rp 35 juta setiap tahunnya,” tutur Abd Syukur.

Kades Banyu Sangkah ini mengharapkan, agar supaya pemerintah memberikan perhatian khusus kepada desa Banyu Sangkah dengan memberikan perhatian kepada Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang diibagun sejak tahun 80-an hingga saat ini kondisinya tidak berubah. “Saya harap satu-satunya TPI di Bangkalan ini diperhatikan, masak sudah puluhan tahun okndisi tetap dibiarkan,” kata Abd Suykur berharap.

Desa Banyu Sangkah memang satu-satunya desa penghasil ikan terbesar di kabupaten Bangkalan, Namun ketika  musim kemarau panjang membuat masyarakat Nelayan di kecamatan Tanjung Bumi seringkali kesulitan untuk menangkap ikan besar pada saat melaut. Meskipun sulitnya mendapat tangkapan ikan besar itu tidak terlalu berpengaruh terhadap penghasilan para nelayan di desa tersebut. (hib/shb)

iklan 100x100