Dewan Ancam Black List Rekanan Nakal

Ketua Komisi C DPRD Bangkalan, Soeyitno
Ketua Komisi C DPRD Bangkalan, Soeyitno

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Komisi C DPRD Bangkalan telah melakukan peninjauan terhadap ratusan proyek Penunjukan  Langsung (PL) tahun anggaran 2015. Dalam peninjauan yang dilakukan itu, dewan menemukan kualitas pengerjaan  proyek paving itu jelek. Dewan mengancam akan mem-blac list Rekanan yang bersangkutan apabila tidak mau memperbaiki pekerjaanya tersebut. “Kalau rekanan yang bersangkutan tidak mau memperbaiki pekerjaanya maka rekanan itu akan kita black list,” kata Ketua Komisi C DPRD Bangkalan, Soeyitno, Senin (03/08/2015).

Dijelaskan dia, untuk memperbaiki pekerjaan yang kualitasnya jelek itu, rekanan masih mempunyai dana pemeliharaan sebesar 5 persen. “Kalau saya lihat pekerjaan proyeknya itu masih bisa diperbaiki dengan dana pemeliharaan yang ada, ya sekarang tergantung kepada rekanan yang mengerjakan proyek paving itu, apakah mau memperbaiki atau tidak,” jelas politisi PDI-Perjuangan itu.

Lebih lanjut Soeyitno menjelaskan, dalam anggaran tahun 2015 ini, ada sekitar 100 hingga 200 proyek PL di dua kantor yaitu dinas PU Cipta Karya dan Prasarana Wilayah serta Dinas PU Bina Marga dan Pengairan. “Hampir 90 persen proyek PL itu rampung, makanya dalam waktu dekat kita akan panggil dinas terkait untuk klarifikasi, karena rekanannya kita belum tahu siapa,” tuturnya.

Sementara untuk proyek-proyek besar kata Soeyitno, dewan belum melakukan peninjauan, karena pihaknya masih meminta agenda kepada Badan Musyawarah (Bamus) untuk bisa melakukan sidak. “Kita sudah mengajuan agenda itu ke bamus, namun sampai saat belum diagendakan,” katanya.

Sebab kata Soeyitno, jika Komisi C melakukan sidak tanpa ada jadwal dari Bamus, maka pihaknya kuatir akan menyalahi aturan. “Karena kalau tanpa dijadwalkan di Bamus nantinya akan membentur aturan,” pungkas Soeyitno. (hib/shb)