Dewan Nilai Ada Ketidak Kompakan Antara Bupati dan Kepala Dinas

Bupati bangkalan saat menyerahkan jawaban atas PU Fraksi
Bupati bangkalan saat menyerahkan jawaban atas PU Fraksi

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Rapat paripurna DPRD kabupaten Bangkalan penyampian nota jawaban Bupati Bangkalan terhadap Pemandangan umum Fraksi DPRD dalam rangka pembahasan laporan pertangung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2014 dijadikan ajang curhat  oleh Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad. “Selama ini banyak kegiatan yang dilakukan SKPD tanpa sepegetahuan Bupati, jadi
semua kegiatan dan program harus sepengetahuan bupati,” kata Ra Momon panggilan akrabnya Bupati Bangkalan dihadapan anggota dewan, Selasa (18/08/2015).

Apa yang disampaikan Bupati bangkalan diluar teks jawaban Bupati atas Pemandangan umum Fraksi menurut Ketua Fraksi Amanat Nasional (PAN) HM Sudarmo mencerminkan adanya kekurang kompakan antara Bupati dan Kepala satuan perangkat Kerja daerah (SKPD). “Saya melihat kurang bersinergi dan kurang ada kerjasama yang baik antara kepala SKPD dan Bupati,” kata Sudarmo

Dikatakan dia, Fraksi PAN tidak puas atas terhadap jawaban Bupati bangkalan atas pemandangan umum fraksi yang telah disampaikan oleh orang nomer satu dijajaran pemkab Bangkalan itu. “Kami tidak puas atas jawaban Bupati, sebab kami mengusulkan penambahan bis sekolah, ternyata jawabannya belum memuaskan,” jelas Sudarmo.

Selain tidak puas kata Sudarmo, Fraksi PAN juga kecewa karena sampai saat ini Surat Edaran (SE) tentang berpakian secara islami tak kunjung terealisasi. “SE tentang berpakaian secara islami yang diusulkan pada tahun 2014 yang katanya akan diperhatikan, namun samapai saat belum direalisasikan,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Fraksi PKB, HM Jamhuri.  Menurut dia, curhat Bupati bangkalan pad asidang paripurna itu menunjukkan adanya ktidak singkronan antara Bupati dan Kepala SKPD. “Katnya tiap minggu ada rakor, tapi kok sampai di bicarakan di sidang paripuna, ini jelas ada ketidak singkronan antara bupati dan SKPD, makanya ke depan harus singkon, kasihan rakyat,” kata Jamhuri.

Sementara untuk jawaban Bupati terhadap pemandangan umum fraksi,  Ketua fraksi PKB, Jamhuri mengaku puas. “Kalau jawaban atas PU fraksi kami puas, karena  pak bupati menjawab secara terbuka dan apa adanya,” pungkas Jamhuri. (hib/shb)